Connect with us

Berita Utama

Ada Apa Gubernur Tiba-tiba Tunjuk Plh Sekda Maluku Ganti Kasrul?

Plh Sekda Maluku
Plh Sekda Maluku, Sadli El

Ambon, ameksOnline.- Gubernur Maluku Murad Ismail tiba-tiba menunjuk pelaksana harian Sekretaris daerah Maluku. Sadli El yang kini menjabat Kepala Dinas Kehutanan akan mengemban tugas juga sebagai Plh Sekda.

Pergantian dilakukan sekira pukul 15.00 WIT, sore ini. Belum diketahui alasan pergantian ini. Selain penunjukan Plh Sekda, Gubernur juga menggantikan Kepala Bidang Pajak, Dinas Pendapatan Daerah, Eda Latuconsina.

Eda sendiri adalah, adik Sam Latuconsina yang lebih dulu dicopot dari jabatan Komisaris Utama PT Bank Maluku-Maluku Utara. Melki Lohy juga digeser dari jabatan Kepala Biro.

Baca: Hindari Kasus Baru Saat Idul Adha

Sebelum mutasi hari ini, Gubernur juga lebih dulu mencopot Meykel Pontoh dari jabatan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku. Hingga kini jabatan tersebut masih diisi pelaksana tugas.

Proses pergantian dilakukan di Kantor Gubernur Maluku. Murad menunjuk Sadli El sebagai pelaksana tugas Sekda Maluku. Sadli hingga kini masih menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku.

Informasi ameksOnline menyebutkan, surat pelaksana harian Sekda Maluku sudah disiapkan sejak kemarin. Kasrul Selang sendiri tak mengetahui adanya proses pergantian.

Hingga siang, dia masih tetap menjalankan tugas sebagai Sekda Maluku. Rapat juga dilakukan seperti biasa. Sekira pukul 13.30 dia baru diberitahu akan digantikan, dan ditunjuk Plh.

“Jadi surat pergantian itu sudah ada sejak kemarin. Dan memang sudah beberapa hari lalu disiwapkan untuk menggantikan Kasrul dari jabatan Sekda Maluku,” ungkap sumber ameksOnline.

Informasi lainnya menyebutkan, pengusulan pergantian Kasrul Selang sebagai Sekda Maluku sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri. Namun hingga kini belum ada kabar atas usulan tersebut.

Baca: Kubu Pro dan Kontra Serbu Balai Kota Ambon

“Sudah disiapkan pergantian itu. Surat pengusulan juga informasinya sudah dikirimkan. Makanya ditunjuk pelaksana harian Sekda gantikan Kasrul selang,” ungkap sumber ini.

Kasrul sendiri dilantik sebagai Sekda Maluku pada 2019 lalu, setelah Murad Ismail dilantik sebagai Gubernur Maluku.

Dalam catatan pemerintahan di Pemerintah Provinsi Maluku, baru kali ini jabatan sekda dipindah tangankan di tengah jalan tanpa alasan sesuai aturan yang diamanatkan dalam Undang undang. (yan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama