Connect with us

Lintas Pulau

Akses Transportasi Laut ke Saumlaki di Buka Lagi

Penumpang Kapal Covid
Penumpang Kapal yang sempat tertahan di Pelabuhan Saumlaki beberapa waktu lalu, karena harus menjalani swab. -DOK-

Saumlaki, ameksOnline.-Kapal Pelni kembali melayani penumbang dari dan menuju Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), setelah sebelumnya dihentikan sementara karena Covid-19. Meski begitu, pelaku perjalanan harus mengantongi sejumlah persyaratan untuk mendapat izin bepergian menggunakan kapal.

Bupati Pertrus Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolos sebelumnya mengeluarkan surat nomor 553/891, tanggal 10 September 2020 tentang Pembatasan Sementara Pelayanan Angkutan Laut sebagai upaya pengawasan dan pengendalian terhadap 29 orang pelaku perjalanan KM. Sabuk Nusantara 34 yang positif Covid-19. Kini, mereka telah dinyatakan sembuh.

Olehanya itu, pemerintah daerah KKT mengeluarkan surat bernomor 552/996 tertanggal 14 Oktober 2020 yang ditujukan kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, meminta untuk dilakukan kembali pengoperasian, pelayanan dan pengawasan angkutan laut kepada masyarakat Tanimbar.

Natsepa

“Satgas COVID-19 Tanimbar telah melakukan rapat pada 12 Oktober 2020 bersama instansi teknis, sebagai upaya untuk melakukan pengoperasian kembali pelayanan guna menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan transportasi laut,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) KKT, Ruben Benharvioto Moriolkossu, Jumat (16/10).

Pengoperasian kembali kapal perintis terhitung sejak 14 Oktober, dan kapal penumpang Pelni direncanakan pada 25 Oktober 2020, sesuai trayek yang telah ditetapkan. Para pengelola jasa tranportasi laut wajib melaksanakan perintah surat edaran Dirjen Perhubungan Laut Nomor 25 Tahun 2020 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dengan Transportasi Laut Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman COVID-19.

“Surat edaran itu pun memastikan pelaku perjalanan telah memiliki surat keterangan rapid tes dari dinas kesehatan provinsi, kabupaten dan kota atau rumah sakit serta klinik yang telah ditunjuk dengan tetap memperhatikan dan memperketat protolol kesehatan Covid-19,” katanya. (MG3)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau