Connect with us

Amboina

Ambon Belum Bisa Laksanakan Belajar Tatap Muka

Kadis Pendidikan, Fahmi Salatalohy.

Ambon,ameksOnline.- Ambon belum bisa melaksanakan belajar tatap muka. Meski Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makariem telah menginjinkannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmi Salatalohy menegaskan, kondisi kota Ambon yang masih berada di zona orange tidak memungkinkan untuk melaksanakan proses pembejalaran secara tatap muka.

Menurutnya, ijin yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan itu, berdasarkan keputusan bersama 4 menteri, yakni Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, serta Menteri Dalam Negeri.


“Kan ada keputusan empat menteri sudah jelas sekolah-sekolah diseluruh Indonesia, bisa melakukan kegiatan tatap muka pada Januari 2021, tetapi kewenangan itu ada di kepala daerah, yang kedua apakah daerah yang bersangkutan sudah zona hijau atau belum,”kata Fahmi, kepada wartawan di Balai Kota, Senin (23/11).

Menurutnya, kota Ambon masih zona orange sehingga proses tersebut tidak mungkin akan terjadi. “Saya kira tindakan itu akan dikembalikan ke pak Wali Kota sebagai kepala daerah, yang ketiga harus ada juga orang tua. Kalau mereka tidak setuju kita tidak paksa keadaan. Jadi konsekuensinya adalah anak-anak tetap belajar daring dan kalaupun yang tidak punya fasilitas tetap kita pakai sistem guru yang menjemput ke rumah masing-masing,”paparnya.

Meski nantinya Ambon dinyatakan zona hijau, kata dia, kewenangan penuh juga bukan ada di tangan pemerintah melainkan ada di tangan orang tua siswa juga.

“Selain juga dikembalikan ke kepala daerah yang bersangkutan, namun dari sisi teknisnya harus ada izin dari orang tua, dan kalau orang tua tidak mau memberikan anaknya melakukan proses tatap muka maka tidak paksakan,”pungkasnya. (AHA/PKL04)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Amboina