Connect with us

Berita Utama

Ambon Masuk PSBB Transisi III, TNI Kerahkan Pasukan

Pangdam Pattimura
Pertemuan antara Walikota Ambon dan Pangdam XVI/Pattimura di Balai Kota. Pertemuan berlangsung, Kamis (13/8). -PendamPattimura-

Ambon, ameksOnline.- Pemerintah Kota Ambon memutuskan untuk melanjutkan Pembatasan Sosial Berskala Besar Jilid III. Sementara Pangdam XVI/Pattimura telah menyiapkan ribuan pasukan untuk mengamankan Instruksi Presiden terkait protokoler kesehatan. 

PSBB Transisi III mulai dilakukan tanggal 17 Agustus, dan berlangsung hingga 14 hari kedepan.  Langkah ini diambil pemkot, mengingat skors Kota Ambon dalam penanganan Covid-19 turun dari 1,08 menjadi 1,07.

Dalam masa transisi III ini, pemerintah akan meningkatkan pengawasan. Pengawasan diutamakan pada tiga titik, yang dinilai menjadi episentrum penyebaran Covid-19. Tiga lokasi itu, Perkantoran, Pasar, dan tempat usaha seperti rumah makan, cafe, restoran dan rumah kopi.

Tiga wilayah ini akan menjadi fokus pemerintah.  Untuk implementasi di lapangan, TNI dan Polri akan melakukan langkah-langkah cepat. Bakti sosial, Rapid bahkan Swab massal akan dilakukan bagi para pedagang.

Sementara itu, Kamis (13/8)  pagi Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman, bertemu Walikota Ambon,Ricard Louhenapessy. Pertemuan berlangsung di Balai Kota Ambon jalan Sultan Hairun.

Dalam pertemuan itu, walikota meminta dukungan untuk penanganan Covid-19, termasuk rencana relokasi pedagangan di Pasar Mardika. Relokasi dilakukan, karena sebagian dari pasar itu akan direnovasi. 

Meyjen Agus Rohman, mengatakan salah satu tugasnya menjaga kondisi ekonomi, dan penanganan covid 19. Kata dia, kekuatan  TNI kurang lebih 3.365 prajurit. Mereka akan disiapkan untuk membantu pemerintah. 

“Siang ini juga kami akan berikan Perintah operasi kepada komandan satuan untuk satu misi dan visi dalam menjalankan Instruksi Presiden secara optimal,” kata Pangdam.

Instruksi Presiden atau Inpres nomor 6 tahun 2020 terkait peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019. “Kami akan siap membantu,” akuinya.(ERM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama