Connect with us

Berita Utama

Besok Halimun Saulatu Dilantik Menjadi Anggota DPRD Maluku Ganti Wellem wattimena

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Maluku Boedwin Wattimena

Ambon, ameksOnline. – Besok (21/7) Halimun Saulatu akan dilantik menjadi anggota DPRD Maluku. Dia menggantikan Wellem Zefah Wattimena, Rabu (21/7) besok.

“Iya, Rabu besok pelantikan pak Halimun akan dilakukan,” ujar Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Maluku Boedwin Wattimena, Selasa (20/7).

Wellem digantikan DPP Demokrat setelah diputus Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon 10 bulan terkait penggunaan narkoba. Wellem sebelumnya ditangkap pada Maret lalu.

Baca: Pemerintah Perpanjang Pencairan BPUM

Dia ditangkap Sat Narkoba Polresta Ambon di Bandara Udara Pattimura saat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Ambon. Dalam penangkapan itu, polisi juga menyita sejumlah barang bukti termasuk Bong atau alat hisap sabu.

Meski diputus 10 bulan penjara, Wellem diperintahkan pengadilan untuk menjalani rehabilitasi di Makassar.

Wellem sendiri terpilih dalam Pemilu legislatif 2019-2024 dari Partai Demokrat, daerah pemilihan Maluku Tengah. Peraih suara terbanyak kedua, adalah Halimun Saulatu.

Boedwin Wattimena, mengatakan pelantikan Halimun berdasarkan SK Mendagri yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Maluku baru-baru ini. ” Sudah tentu pelantikan dilakukan sesuai SK Mendagri Tito Karnavian,” jelasnya.

Pelantikan berlangsung di ruang paripurna DPRD Maluku. Untuk tamu undangan dibatasi. Sebagian besarnya untuk forkopimda mengikuti proses pelantikan melalui virtual.

“Kita batasi undangan. Mereka hanya mengikuti melalui virtual saja. Pembatasan ini karena pelantikan di tengah pandemi Covid-19,” sahut Sekwan.

Baca: Insentif Nakes di Maluku Masih Diabaikan Pemerintah

Wellem Wattimena dan Halimun Saulatu sama-sama dari partai Demokrat daerah Pemilihan Kabupaten Maluku Tengah. Halimun Pemenang kedua di Pemilihan legislatif tahun 2019 lalu.

Wellem baru saja menjabat anggota DPRD Maluku selama dua tahun lebih. Dan saat ini kemudian telah ditetapkan sebagai tersangka karena terbukti menggunakan narkoba.

Pelantikan terhadap halimun akan berlangsung di gedung DPRD Maluku dalam sidang paripurna. Pelantikan akan berlangsung pukul 15.00 Wit sore. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama