Connect with us

Berita Utama

Bio Farma Dipercayakan CEPI Produksi Vaksin Covid-19

Kantor Bio Farma


Bandung, ameksOnline.- Bio Farma dipilih sebagai salah satu Potential Drug Manufacturer CEPI for Covid-19. Ini kelanjutan dari hasil due diligence, pada tanggal 15 September 2020 yang memberikan penilaian pada aspek sistem produksi vaksin dan mutunya.


Termasuk di dalamnya sistem analitik laboratorium, dan sistem teknologi informasi yang digunakan Bio Farma dalam memproduksi vaksin.
Seperti ditulis dalam situs resmi Bio Farma, CEPI merupakan koalisi pemerintah-swasta dan filantropis, yang berpusat di Norwegia, memiliki tujuan untuk mengatasi epidemi, dengan cara mempercepat pengembangan vaksinnya.


CEPI juga bertujuan untuk mengembangkan fase awal vaksin yang aman, efektif dan terjangkau yang dapat membantu menahan wabah sedini mungkin.

Natsepa


Dikutip dari situs resmi Bio Farma, Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, fasilitas Bio Farma yang akan digunakan oleh CEPI, adalah untuk memproduksi vaksin Covid-19 dengan multi platform sebanyak 100 juta dosis per tahunnya, yang akan dimulai pada akhir Q4 2021/Q1 2022 mendatang.

CEPI memiliki pengalaman yang panjang dengan Bio Farma di dunia internasional sejak tahun 1997.  Induk perusahaan Holding BUMN Farmasi ini, tercatat sebagai salah satu dari 29 produsen vaksin di dunia yang telah mendapatkan prakualifikasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Ini sebagai syarat telah memenuhi Good Manufacturing Practices (GMP).(Bio Farma/yan)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama