Connect with us

Amboina

Cegah Penyebaran Covid Bisa Lewat PHBS

Kadis Kesehatan

Ambon,ameksOnline.- Ditengah penyebaran Covid-19, melanda dunia termasuk Kota Ambon, tidak membuat Pemerintah kota (Pemkot) terutama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon, untuk melakukan langkah antisipasi terhadap penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy mengatakan, pihaknya tetap mengantisipasi penyakit mematikan itu, sesuai protokol yang sudah ditetapkan.


“Meski baru di awal bulan, tetapi kita harus bisa mengantisipasi adanya penyebaran penyakit mematikan ini (DBD). Seluruh Puskesmas kita memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat, “kata Kadis, wartawan di Balaikota, Kamis (7/1).

Selain itu, Pelupessy menegaskan, PHBS bukan saja untuk mencegah penyakit DBD, tetapi bisa juga untuk menekan tingkat penyebaran Covid-19.


” Apabila warga bisa patuh dengan ini (PHBD), maka segala penyakit kemungkinan bisa terhindar. PHBS juga didalamnya PHBS terhadap Covid-19 begitu. Pembersihan lingkungan dengan melakukan 3M. Tetap menutup benda-benda yang tidak dipakai. Kemudian kita bisa melakukan keberhasilan dengan lebih baik, “paparnya.

Mantan Kepala Puskesmas Waihaong itu berharap, dengan kondisi warga yang sementara prefer dengan Covid-19, bisa mencegah terjadinya DBD di Kota Ambon.


“Mudah-mudahan dengan kondisi masyarakat yang semakin prefer dengan kondisi Covid-19. Dengan perilaku hidup bersih dan sehat ini juga bisa menekan angka terjadinya demam berdarah itu sendiri, ” tandasnya. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Amboina