Connect with us

Lintas Pulau

Cuaca Buruk Hambat Pengiriman 1000 Dosis Vaksin ke Bursel

ILUSTRASI VAKSIN

Ambon, ameksOnline.-Kondisi cuaca ekstrim yang terjadi beberapa hari belakangan ini, bukan hanya berdampak pada pelayaran kapal di Maluku tetapi juga pada proses pengiriman vaksin ke Buru Selatan.

Sebanyak 1000 dosis vaksin yang akan dikirim ke Kota Namrole, Ibukota Kabupaten Buru Selatan beberapa kali harus di kembalikan ke dinas kesehatan Provinsi Maluku , karena tidak bisa diangkut dengan KM Elisbeth II akibat cuaca ektrim.

Bahkan dua kali vaksin Sinovac yang berjumlah 1000 dosis itu harus angkat bolak balik dari kapal setelah dilakukan pemuatan. Hal ini dikarenakan suhu untuk vaksin harus tetap terjaga.

“ Jadi sudah dua kali dilakukan pembuatan di KM Elisabeth. Hanya saja karena kondisi cuaca ektrim, membuat kapal tidak bisa berangkat,. Vaksin akhirnya dikembalikan ke Dinkes Provinsi Maluku. Ini untuk tetap menjaga suhu dari vaksin tersebut,”ujar Kepala Bidang P2P Dinas kesehatan Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (DKPPKB) Kabupaten Buru Selatan, Wa Yeny kepada Ambon Ekspres Jumat (28/5).

Ia mengaku, rencana pengiriman 1000 dosis vaksin dilakukan Kamis (27/5) malam. Hanya saja, kondisi cuaca ektrim akhirnya vaksin harus turunkan kembali oleh pihak Kantor Pos yang bertanggungjawab atas pengirim vaksin jenis AstraZeneca dan selanjutnya di bawah ke Dinas Kesehatan Provinsi Maluku.

“ Tadi malam sudah di bawa ke kapal. Tetapi karena cuaca ekstrim, kapal tidak bisa berangkat sehingga dikembalikan lagi ke Dinkes Provinsi Maluku,”sebutnya .

Pihaknya kata dia, masih melakukan koordinasi dengan Dinkes Provisni Maluku, PT Pos Cabang Ambon, serta ABK KM Elisbaeth II yang akan mengakut 1000 dosis vaksin dimaksud.

“ Saya terus melakukan koordinasi. Kalau hari ini Jumat (28/5) kondisi cuaca sudah membaik dan kapal bisa diberangkatkan, otomastis pengiriman 1000 dosis vaksin jenis Sinovac dan AstraZeneca itu juga akan dilakukan. Kalau kondisi cuaca tidak bersahabat atau ekstrim otomatis akan tertahan lagi,”sebutnya.

Yenny mengaku , sudah mengajukan permintaan vaksin sejak dua minggu lalu. Hanya saja karena diperhadapkan dengan kondisi cuaca ektrim sehingga vaksin masih belum tiba di Namrole ibukota kabupaten Buru Selatan.

“ Kita sudaha usulkan permintaan dua minggu tetapi sampai sekarang belum tiba karena kondisi cuaca,”akuinya Ditambahkannya, jika 1000 vaksin Sinovac tiba, maka proses vaksinasi akan kembali dilakukan dengan sasaran ASN Kabupaten Buru Selatan .

“ Untuk 1000 dosis vaksin ini kita vokus untuk ASN di Buru Selatan,”ujarnya .

Dia menambahkan, beberapa hari lalu, proses vaksinasi dilakukan untuk 22 orang Jemaah Calon Haji (CJH) yang bukan lansia. Vaksinasi dilaukan karena untuk JCH Kabupaten Buru Selatan ini banyak berdomilsi jauh dari pusat ibukota Namrole, sehingga kemarin kita baru lakukan vaksinasi kepada mereka dan jumlahnya sebanyak 22 orang yang bukan lansia,’tutupnya. (ESI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau