Connect with us

Metro Manise

Danrem Pastikan TNI Bantu Pengamanan Pilkada 4 Kabupaten

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold Ritiauw

Ambon, ameksOnline.- Kodam XVI/Pattimura siap membantu Polri menjaga keamanan saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di empat kabupaten. Semua proses pentahapan pengamanan kini sudah berjalan. Konsolidasi terus dilakukan. 

Empat kabupaten yang akan menggelar pilkada, adalah Kabupaten Buru Selatan, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, dan Seram Bagian Timur. “Prinsipnya dalam Pilkada itu, tugas TNI membantu kepolisian, dan semuanya telah berjalan sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh KPUD,” kata Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Arnold Ritiauw, kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, kemarin. 

 September mendatang, kata dia, akan masuk dalam tahap pencalonan. Untuk pengamanan Kodam menyerahkan kepada Dandim dan Kapolres setempat, untuk menentukan di titik-titik mana yang nantinya diamankan. Jumlah personil akan disesuai dengan proses pentahapan. “

Orang nomor satu di jajaran Korem 151/Binaiya ini, mengatakan dalam pesta Pilkada ini, pihaknya akan tetap netral dan tidak berpihak kepada calon manapun. Namun bila kedapatan ada pihaknya yang melenceng dari apa yang telah ditentukan,akan ada sanksi yang diberikan.

“Setiap Prajurit dan Babinsa itu diberikan buku saku netralitas TNI, makanya dia harus berpatokan pada apa yang telah digariskan di dalam, dan bila melanggar aturan tersebut bisa dicopot dari jabatan, dan tentunya ada tim dan nanti disidang disiplin, kalau dia melakukan kesalahan berat akan diberi sanksi, bahkan bisa kena sanksi pidana,” tandas Ritiauw. (Aza)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Metro Manise