Connect with us

Berita Utama

Di tengah Covid, Bencana Mengintai Warga Ambon

Hujan deras masih terus mengguyur Kota Ambon dan sekitarnya. Genangan air di salah satu sudut kota. -Lutfi Heluth-

Ambon,ameksOnline.- Di tengah pandemi Covid-19, ancaman bencana mengintai lagi warga Kota Ambon. Hujan deras dengan intensitas tinggi diperkirakan masih terus melanda sebagian besar wilayah provinsi Maluku, khususnya Kota Ambon. Kondisi ini mengancam keselamatan warga kota Ambon, terutama yang mendiami lereng gunung dan bantaran sungai.

Kepala BPBD Kota Ambon, Demy Paays menghimbau, kepada warga yang mendiami lereng gunung dan bantaran sungai untuk lebih waspada, terhadap bencana alam yang akan terjadi.

“Kita tahu bahwa akibat intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga bisa mengakibatkan banjir dan tanah longsor longsor. Dan itu tentu menjadi ancaman bagi keselamatan warga terutama yang mendiami kawasan-kawasan tersebut,”kata Paays, ketika dihubungi ameksOnline, Selasa (30/6) sore.

Menurutnya, Kota Ambon sendiri memiliki puluhan daerah rawan longsor yang tersebar di seluruh desa yang ada di Kota Ambon.”Tercatat sampai dengan sore ini ada 32 titik longsor di 10 desa. 32 titik diantaranya Hative Kecil, Batumerah, Batumeja, Batu Gajah, Amahusu, Waihoka, Skip, Soya, kelurahan Urimessing dan  kelurahan Amantelu,”jelas dia.

Dikatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah mengirimkan bantuan terpal kelokasi-lokasi tersebut.  “Kita berikan bantuan terpal untuk mengurangi longsor yang sudah terjadi sesuai dengan keputusan yang ada di lapangan. Bagi masyarakat kota Ambon di mana saja berada mengingat di saat ini kita berada di tengah-tengah musim penghujan kita koordinasi bersama BMKG di akhir Juni, hingga Juli intensitas hujan yang cukup tinggi disertai dengan angin kencang,”paparnya.

Untuk itu, Mantan Kasat Pol PP Kota Ambon mengingatkan, masyarakat yang tinggal di lereng bukit atau daerah aliran sungai untuk tetap waspada terhadap banjir longsor. 

“Jika hujan yang semakin tinggi bisa menyebabkan banjir dan banjir bisa mengakibatkan longsor di mana-mana masyarakat dapat melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman untuk menghindari bencana, atau kerugian yang lebih besar,”pungkasnya. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama