Connect with us

Berita Utama

Dishub Pastikan Ambon Bebas dari Juru Parkir Liar

Jalur Jalan AY Patty.

Ambon,ameksOnline.- Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ambon, Robert Sapulette menjelaskan, pungutan parkir di tepi jalan umum di Kota Ambon dilakukan oleh PT. Urimessing Guard Service (UGS), sebagai pihak ketiga yang memenuhi kontrak kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Selain pihak ketiga tersebut, tidak ada yang namanya juru parkir (Jukir) liar yang melakukan pungutan parkir pinggir jalan umum di kota Ambon. Sehingga anggapan bahwa Dishub memelihara Jukir pembohong sepenuhnya tidak benar,”tegas dia, kepada media ini, kemarin.

Menurutnya, sebagai pihak yang melakukan pungutan parkir tepi jalan, PT.UGS menguasai 30 lahan parkir tepi jalan umum, dan mengkaryakan 159 Jukir.


“Semua Jukir menggunakan identitas berupa id card dan atribut lengkap. Untuk lokasi dimana juru parkir itu ditempatkan, Dishub tidak intervensi, yang pasti semua Jukir PT. UGS mengantongi karcis parkir untuk diberikan kepada pemilik kendaraan, sehingga lahan parkir wajib meminta izin karcis sebagai bukti retribusi parkir, ”jelasnya.

Dikatakan, selain lahan parkir di pinggir jalan umum yang telah diserahkan kepada PT. UGS untuk penagihan, ada satu lokasi lahan parkir yang dikelola oleh koordinator yang telah ditunjuk oleh Dishub, yakni di area dermaga Speedboat Kota Jawa.

“Khusus untuk area dermaga speed boat Kota Jawa, karena itu bukan termasuk parkir tepi jalan, maka Dishub telah menunjuk koordinator atas nama Mochtar Marasabessy dengan surat perjanjian kerjasama, untuk melakukan penagihan dan langsung disetorkan ke kas daerah,”kata dia. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama