Connect with us

Metro Manise

DPN Peradi Lantik 30 Advokat di PT Ambon

Sebanyak 30 advokat baru diambil sumpah dan dilantik Peradi Ambon. -Lutfi Heluth-

Ambon, ameksOnline.- Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) kembali mengangkat advokat di wilayah Pengadilan Tinggi Ambon. Pengangkatan berdasarkan mandat Ketua Umum Peradi Prof.Dr.Otto Hasibuan,S.H.,M.M.

Mandat itu diberikan kepada Ketua DPC Peradi Ambon Dr. Fahri Bachmid,S.H.,M.H. Ini Berdasarkan Surat Mandat No. 257/PERADI/DPN/EKS/I/2021,bertanggal 4 januari 2021. Fahri bertindak atas nama Ketua Umum DPN Peradi untuk melakukan Pengangkatan Advokat di Wilayah Pengadilan Tinggi Ambon, dengan wilayah kerja meliputi seluruh republik indonesia.

Pengangkatan dilakukan disela Sidang Terbuka Pengambilan Sumpah Advokat Perfid dalam Wilayah Pengadilan Tinggi Ambon, pada hari ini Kamis, 7 januari 2021.

Selamat kepada Advokat Peradi Ambon yang baru dilantik tadi, semoga kita dapat memberi pelayanan dan keahlian ilmu hukum yang terbaik dalam interaksi penegakan hukum kepada masyarakat begitu juga kepada penyelenggara kekuasaan Negara khusus dalam sistem penegakan hukum di Indonesia, kata Fahri membaca sambutan Ketua Umum Peradi.

Pelantikan advokat, meliputi pengangkatan sebagai Advokat oleh organisasi profesi Advokat Peradi. Dan sebelum menjalankan profesinya, advokat yang diangkat wajib bersumpah atau berjanji dengan sungguh-sungguh sesuai agamanya di sidang terbuka Pengadilan Tinggi.

Jadi pengangkatan dan bersumpah atau berjanji adalah 2 peristiwa dan dilaksanakan 2 (dua) institusi yaitu Peradi dan Pengadilan Tinggi. Dan kami sebut untuk kedua peristiwa tersebut sebaga Pengangkatan Advokat Peradi, kata dia.

Menurut Fahri, pelantikan ini adalah proses akhir dari tahapan disyaratkan menjadi advokat, setelah waktu dan proses panjang yang membutuhkan kesabaran, keuletan, tenaga dan biaya yang harus dijalani dan dipikul seorang Advokat.

Pelaksanaan PKPA, Ujian Profesi Advokat dan magang dilakukan dan diawasi Peradi. Proses tersebut diatas sesuai perintah UU Advokat yang harus ditaati, dan dilaksanakan oleh PERADI secara konsekwen dan konsisten.

Tujuannya agar terbentuk advokat sebagai penegak hukum professional dan proporsional dalam menjalankan profesinya. Serta tetap menjaga marwah advokat sebagai profesi terhormat (officium nobile), kata dia.

Selama ini, kata dia, pelaksanaan tugas dan fungsi Peradi dalam rangka menjalankan amanat UU Advokat, PERADI telah melaksanakan program yang sesuai amanat UU Advokat. Salah kegiatan itu dijelaskan secara singkat dengan harus menempuh

Pendidikan Khusus Profesi Advokat (PKPA).Langkah ini bekerja sama dengan PTN dan PTS, dan lembaga Pendidikan lainnya di seluruh Indonesia. Ujian Profesi Advokat (UPA) dan Pelantikan advokat di seluruh Indonesia, pungkas Fahri. (upi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Metro Manise