Connect with us

Berita Utama

Gadis Umasugi Maju, Rigan Menantang, Azis Kejepit

Gadis Umasugi bersama ayahnya, Ramli Umasugi.

Ambon, ameksOnline.- Harapan Azis Hentihu menggandeng Gadis Umasugi untuk bertarung dalam Pemilihan Bupati Buru-Wakil Bupati Buru, terhenti. Politisi muda Golkar itu memilih maju sebagai calon Bupati.

Informasi ameksOnline dari orang dekat Gadis, anggota DPRD Maluku ini masih tetap pada keputusan awal, maju sebagai kandidat Bupati. Apalagi sumberdaya finansial dan basis massa loyalnya cukup besar.

“Sampai saat ini, Gadis tetap maju sebagai Calon Bupati Buru,” sahut sumber ini, menjawab pertanyaan ameksOnline terkait keputusan Gadis di pilkada Buru. Gadis sendiri, terpilih sebagai wakil rakyat dari daerah pemilihan Buru.

Jumlah suaranya juga besar pada pemilu 2019 lalu, dengan raihan 20.596. Dia menjadi peraih suara terbesar untuk seluruh anggota DPRD Maluku. Perolehan ini berkat kerja keras Ramli Umasugi. Ramli adalah ayah Gadis.

Ramli juga Ketua DPD Golkar Maluku. Dalam sejarah politik lokal di Maluku, Ramli juga yang pernah mengantarkan 10 kader Beringin menjadi anggota DPRD Buru. Dan kini Dapil dengan suara kecil, justeru bisa memperoleh dua kursi di DPRD Maluku.

Kemampuan politiknya ini, membuat Ramli memutuskan mendorong anaknya mencalonkan diri menjadi Bupati. Azis Hentihu sendiri sudah beberapa kali melobi Ramli agar Gadis bisa menjadi calon wakilnya.

Nendy Kurniawan Asyari dari lembaga survei Index, juga memperkirakan Gadis Umasugi akan maju sebagai calon Bupati. Kata dia, sangat kecil peluang Ramli mendorong Gadis hanya sebagai calon wakil bupati.

“Kecil peluang itu. Hitungan Ramli, dia punya peluang menang. Karena didukung basis loyalis. Buktinya di Pemilu 2014 dan 2019. Apalagi Golkar memenuhi syarat mencalonkan bupati dan wakil bupati, meski tanpa koalisi,” kata Nendy.

Gadis akan mendapat perlawanan dari Muhammad Rigan. Muhammad Daniel Rigan baru di dunia politik. Dia justeru sudah digandrungi pemilih di Buru. Kerja politik juga sudah dilakukan dua tahun lalu.

Dia juga disebut-sebut yang membantu Murad Ismail dalam Pemilihan Gubernur Maluku, di Kabupaten Buru beberapa waktu lalu. Rigan juga dua bulan lalu sudah bertemu Murad.

“Sudah bertemu. Informasinya dia juga mendukung Rigan untuk maju. Tapi dukungan seperti apa, belum diketahui. Yang pasti, Rigan punya kemampuan finansial besar,” kata sumber ini.

Rigan dikabarkan akan menggandeng Ikram Umasugi. Ikram, adalah anggota DPRD Maluku dari PKB. PKB sendiri sudah siap mendorongnya maju dalam pertarungan di Buru.

“Kalau ditugaskan partai saya akan maju,” kata Ikram beberapa waktu lalu. Azis juga berharap bisa menggandeng politisi PKB ini, jika Gadis memilih mencalonkan diri sebagai bupati.

Nendy mengungkapkan, Rigan punya sumberdaya finansial yang besar. Apalagi modal sosialnya juga tinggi. Karena itu, dalam setiap moment, Rigan selalu ada bersama masyarakat.

Menurut dia, dalam pilkada Buru sistem patron klein agak lemah, kecuali di masyarakat adat. Namun pemilih masyarakat adat terlalu kecil. Sementara Ramli juga memiliki basis loyalis yang kuat.

“Pemilih Buru sangat pragmatis. Ramli Umasugi memang memiliki basis loyalis. Dan kalau Gadis di dorong, lalu Rigan maju, ini akan membuat Azis Hentihu sulit,” kata dia.

Azis juga berharap bisa dibantu Murad Ismail sebagai Ketua DPD PDIP. Namun sumber ameksOnline menyebutkan, untuk dukungan finansial, Azis diminta tidak terlalu berharap.

“Mungkin PDIP akan merekomendasikan Azis. Tapi ingat, ada Rigan. Rigan punya kolega yang bisa mempengaruhi keputusan PDIP. Dan ini bisa mengganggu Azis nantinya saat pilkada,” kata sumber lainnya.(upi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama