Connect with us

Berita Utama

Gelombang Besar Dikira Tsunami di Haruku

Gelombang besar hantam Desa Haruku, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (3/4). -IST-

Ambon, ameksOnline. – Cuaca ekstrim kembali menimpah diperairan Haruku. Angin kencang ombak besar menghantam rumah warga di sepanjang pantai Desa Haruku, kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Sabtu sore. Belum diketahui pasti adanya kerusakan rumah warga akibat hantaman ombak tersebut.

Informasi yang diperoleh media ini menyebutkan, jika ombak dengan ketinggian sekitar 4 meter itu menerjang pemukiman warga desa tersebut. Warga ada yang mengira tsunami.


“Ketinggian ombak melebihi talud hingga kemudian masuk ke pemukiman dan merendam rumah-rumah warga, ” kata salah seorang warga yang ada di dalam video yang diterima media ini, melalui grup WhatsApp BMKG, Sabtu (3/4) sore.

Dalam video singkat itu, terlihat pula ombak dengan begitu besar menghantam tepi pantai desa tersebut, akibatnya warga terlihat panik.

Sementara itu, Forecaster BMKG Pattimura Ambon menjelaskan, dari analisa BMKG tidak terpantau angin yang signifikan serta juga tidak terpantau adanya pertumbuhan Cumulonimbus sekitar wilayah Kecamatan Haruku, yang memungkinkan angin kencang dengan durasi singkat dapat terjadi.
“Namun dari rekan-rekan Stasiun Maritim Ambon, sudah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berlaku hingga satu hari kedepan, ” katanya singkat.

Terpisah pihak stasiun Maritim sendiri yang dimintai belum juga memberikan penjelasan terkait musibah tersebut. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama