Connect with us

Berita Utama

Gempa di Laut Banda, Terasa di 3 Kabupaten Hingga Ambon

INFOGRAFIK

Ambon, ameksOnline.- Gempa kembali mengguncang wilayah Maluku. Gempa terasa di Banda, sebagai Maluku Tenggara, hingga Pulau Buru. Pusat gempa berada di Laut Banda.


Berdasarkan catatan BMKG, gempa terjadi pada Minggu (4/4) pada pukul 03.42 WIB. Gempa tergolong tektonik dengan kekuatan magnitudo M=5,9.

Berdasarkan informasi ameksOnline, warga di Banda sempat panik. Demikian juga di Pulau Buru. Namun kepanikan tidak berlansung lama. Warga akhirnya kembali ke rumah masing-masing, setelah tidak terasa lagi gempa susulan.


Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ),” ungkap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prsyitno dalam rilisnya yang diterima media ini.

DiGuncangan gempa ini juga dirasakan di daerah Ambon II-III MMI seperti terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” akuinya. Masyarakat diminta tidak panik, tetap tenang, dan tidak mempercayai informasi hoax.(upi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama