Connect with us

Amboina

Ini Dua Kawasan Tertib Berlalu Lintas di Ambon

Ambon
Kapolda Maluku meresmikan kawasan berlalu lintas di Kota Ambon, Rabu (7/4). -Ars Hehanussa-

Ambon, ameksOnline.- Wacana Kawasan Tertib Lalu Lintas (KTL) yang selama ini didengunkan akhirnya terwujud. Setelah dilaksanakan sosialisasi KTL selama sebulan penuh oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Maluku, dan Satuan Lantas Polresta Ambon, bersama Ambon Ekspres dan Pemkot Ambon , resmi dicanangkan.

Pencanangan KTL itu, ditetapkan melalui Peraturan Wali Kota Ambon nomor 13 Tahun 2021 tentang kawasan tertib lalu lintas di ruas jalan AY Patty dan Slamet Riyadi.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengatakan, KTL ini akan menjadi role model bagi provinsi Maluku. “KTL dapat menekan tingginya kecelakaan apalagi pertumbuhan kenderaan dari waktu ke waktu di Kota Ambon ini semakin meningkat. KTL ini juga akan menjadi rool model bagi provinsi Maluku, ” kata Wali Kota, dalam sambutannya yang di bacakan Asisten II Setkot Ambon, Robert Silooy, diacara launching KTL, Rabu (7/4) .

Menurutnya, Pemerintah Kota Ambon, akan melakukan pembenahan terhadap seluruh rambu lalu lintas di kedua ruas jalan tersebut. “Untuk rambu-rambu lalu lintas yang belum lengkap akan segera kita lengkapi, ” tegasnya.


Terpilihnya kedua ruas jalan itu, lanjut mengingat sebagai jalan utama di Kota Ambon. Sementara itu Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri mengatakan, jika seluruh kota di wilayah Indonesia, termasuk wilayah Indonesia Timur telah memiliki KTL, sehingga hari ini juga Ambon, sebagai Ibukota Provinsi Maluku, resmi memiliki KTL.


“Diharapkan akan menjadi contoh bagi kabupaten Kota lain di Provinsi Maluku. KTL akan dapat mengurangi kemacetan, menekan tingginya kecelakaan lalu lintas. Kemudian juga memperlancar arus lalu lintas di kota Ambon, terutama didua ruas jalan ini, ” kata jenderal bintang dua ini.

Mantan Kakorlantas menambahkan, para pengendara yang melintas didua ruas jalan itu harus tertib. Baik tertib secara administrasi maupun secara fisik. “Kita akan benar-benar awasi jalan ini. Sebab jadi contoh. Kedepan ada ruas-ruas jalan lain di Kota Ambon yang akan dikembangkan menjadi KTL, “ujarnya.


Orang nomor satu di Polda Maluku itu, menyampaikan terima kasih kepada Ambon Ekspres grup yang telah bekerja sama dalam mensosialisasikan KTL ini, hingga pada pencanangan KTL tersebut.


” Semoga kedepan Ambon Ekspres tetap menjadi media patner kita untuk mensosialisasi kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada kepentingan masyarakat, begitu pula dengan media yang lain, “kata Kapolda.

Pencanangan KTL ini dipusatkan di jalan Slamet Riyadi, dan di hadiri Kapolda Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Danlantamal IX/Ambon, Sekda Maluku, dan seluruh instansi terkait lainnya, termasuk pimpinan Ambon Ekspres.


Pencanangan ini juga sekaligus penyerahan hadiah utama bagi pemenang undiah KTL berhadiah, sekaligus pemakaian rompi khusus pagi juru parkir yang bertugas dikawasan jalan AY Patty kota Ambon. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Amboina