Connect with us

Berita Utama

Jalani Rapid Test, Belasan Kepsek Reaktif

Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy.

Ambon, ameksOnline.- Upaya Pemberantasan penyebaran Covid-19, kini terus dilakukan oleh Pemerintah kota (Pemkot). Penerapan rapid tes ditempat bagi warga yang melanggar protokol kesehatan maupun, warga yang menemui Wali Kota, Wakil Wali kota dan Sekretaris Kota juga masih berlangsung.


Seusai pelantikan yang berlangsung di lapangan merdeka, awal pekan lalu, puluhan kepala sekolah (Kepsek) yang baru saja dilantik itu akan menjalani serahterima jabatan di balai Kota. Namun sebelum pelaksanaan sertijiab itu puluhan Kepsek wajib untuk menjalani rapid tes. Alhasil dari raid tersebut tesebut, dinyatakan belasan Kepsek reaktif. Mereka yang reaktif itu langsung dibawa ke Dinas Kesehatan kota Ambon untuk menjalani swab tes.


Kepala Dinas Pendidikan Kota Ambon, Fahmy Salatalohy mengatakan, sebanyak 24 Kepsek yang diundang untuk dilakukan serah terima jabatan dari Walikota Ambon, Richard Louhenapesy. 

Menurutnya, sebelum kegiatan dimulai 24 Kepsek tersebut, wajib dilakukan rapid test dari petugas Kesehatan. Sayangnya, dari puluhan Kepsek itu, 19 orang hasilnya reaktif.

“Menindak lanjuti surat pengangkatan Wali Kota Ambon terhadap guru dan Kepsek Sekkot Ambon, seluruh Kepsek yang dilantik datang ke Balai Kota untuk melakukan serah terima jabatan. Dari 24 kepsek yang malukukan rapid tes, 19 orang reaktif,” ungkapnya, Minggu (10/1). 


Fahmy mengaku, para Kepsek yang hasil rapid testnya dinyatakan reaktif, telah diinstruksikan untuk dilakukan test swab sehingga bisa mengetahui, apakah benar terpapar Covid-19 atau tidak. 


Dijelaskan, mereka yang reaktif itu langsung dipulangkan saat prosesi serah jabatan tersebut. Langkah ini diambil, guna mencegah penularan Covid-19 dari orang yang belum terpapar virus mematikan ini. “Dari kepsek yang telah reaktif itu dipulangkan dan menyampaikan kepada keluarga mereka besok mereka akan lakukan swab tes,” ujarnya. 


Sekedartahu, serah terima jabatan tersebut, tetap dilanjutkan, bagi mereka yang hasil rapid test dinyatakan non reaktif. Prosesi serah terima jabatan ini juga berjalan lancar, dengan mengedepankan protokol kesehatan. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama