Connect with us

Lintas Pulau

Jelang Pelantikan Bupati-Wabup, Kota Dobo Aman

ILUSTRASI

Dobo,AmeksOnline.- Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Kepulauan Aru, Johan Gonga dan Muin Solgarey, yang terpilih pada Pilkada serentak 2020 lalu, direncankan pelantikan pada 26 Februari 2021. Jelang pelantikan, kondisi Kota Dobo, landai.

Wakapolres Aru, AKBP Petrus Pasauw mengaku, tidak dapat memberikan keterangan lebih terkait pengamanan jelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru yang terpilih pada Pilkada serentak 2020.


“Mohon Maaf saya tidak dapat beri keterangan. Langsung saja ke Humas Pemerintah Daerah. Mereka kebetulan sudah ke Ambon untuk bertemu Gubernur,” tandas Pasauw saat ditemui di Mapolres Aru, Rabu (24/2).


Namun demikian, Wakapolres yang baru saja naik pangkat dari Kompol ke AKBP itu mengaku pihaknya akan tetap melaksanakan pengamanan berdasarkan kordinasi dari pemda. “Jadi nanti kita koordinasi. Kan, kita akan mendapatkan surat untuk meminta personil polisi berapa, TNI berapa jumlah,dan lainnya. Jadi mohon maaf, nanti mengecek langsung ke pemda,” sarannya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Aru, Mustafa Darakay mengatakan KPU telah melaksanakan pleno penetapan pasangan Bupati dan Wakil Bupati Aru Periode 2020-2024 terpilih telah di laksanakan pada hari Senin, 22 Februari kemarin.


“Sesuai mekanisme, hasil pleno penetapan dalam bentuk dokumen sudah dalam pengusulan ke DPRD, dan selanjutnya diserahkan ke Mendagri lewat Gubernur, untuk diterbitkan SK Pelantikan,” jelasnya.

Hasil Pilkada Aru tahun 2020, KPU setempat secara resmi menetapkan pasangan Johan Gonga dan Muin Solgarey sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru terpilih periode 2020-2024. Sebelumnya, pasangan dengan jargon JOIN ini harus menghadapi gugatan Pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Aru, Timotius Kaidel dan Karnaka Lagani.

Atas hasil pleno KPU itu, Darakay, menghimbau kepada masyarakat Kepulauan Aru. untuk tenang dan tetap melaksanakan aktifitas seperti biasa,

“Saya juga sampaikan terima kasih banyak atas partisipasi dan dukungan semua masyarakat selama di mulainya tahapan, sehingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati,” ajaknya.

Dia berharap Bupati dan Wakil Bupati terpilih dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.


“Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Aru terpilih diharapkan dalam memberikan pelayanan dan pembangunan bagi seluruh masyarakat Aru, secara merata dari Batugoyang sampai Warialau,” imbaunya.

Wakil Uskup Kepulauan Aru RP. Tino Ulahaiyanan, MSC, mengapresiasi kepemimpinan pasangan Gonga dan Solgarey yang terpilih untuk periode kedua.

“Kami mengapresiasi kepemimpinan pak Johan dan Pak Muin,apalagi perhatian bagi pengembangan iman umat Katolik di Kepulauan Aru. Misalnya, melalui bantuan pemerintah selama ini, sudah membantu mengalokasikan biaya operasional untuk pelayanan di setiap paroki maupun stasi-stasi di Kepulauan Aru ini,” ucapnya saat ditemui di Rumah Keuskupan Kota Dobo.

Selaku tokoh umat di kepulauan Aru, Pastor Tino mengakui adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan tokoh-tokoh agama di Kepulauan Aru. Perhatian serius diberikan dengan adanya juga bantuan operasional berupa dana-dana hibah yang dibantu untuk sarana prasarana gereja serta kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya.


“Bantuan-bantuan ini bukan hanya untuk agama Katolik tapi juga untuk agama-agama lain di kabupaten ini, terlebih untuk tiga agama besar ini yakni, Katolik, Protestan dan Islam,” pujinya.

Pastor Tino berharap dalam pemerintahan yang baru ini Bupati dan wakil Bupati terus memberikan perhatian bagi pengembangan umat beragama.


“Terlepas dari itu, saya berharap kedepan pemerintah daerah juga memperhatikan ekonomi kerakyatan lewat ekonomi keluarga. Misalnya, saat ini kami sudah berupaya membantu dengan Credit Unio yang mana sangat membantu masyarakat kecil dalam pengelolaan keuangan Keluarga, dan ini bukan untuk umat Katolik tapi untuk semua kalangan baik Islam maupun Protestan,” tandasnya.

Tokoh Pemuda Kepulauan Aru, Callins Lepuy
mengapresiasi masyarakat Kepulauan Aru yang telah menggunakan hak demokrasinya dan telah menentukan pimpinan daerah Kepulauan Aru, untuk 5 tahun mendatang.

Oleh karena itu, Lepuy berharap Bupati dan Wakil Bupati Aru terpilih akan mempersiapkan program-program strategi untuk melanjutkan program 5 tahun yang lalu.

“Saya berharap bahwa dalam 5 tahun kedepan pasangan JOIN fokus untuk pembangunan sumberdaya alam untuk mendongkrak pendapatan perkapita masyarakat kepulauan Aru.
Kita tahu persis bahwa 5 tahun kemarin pemerintahan ini sudah fokus untuk peningkatan sumber daya manusia, maka dalam 5 tahun kedepan ini saya berharap peningkatan pendapatan masyarakat terutama dari sektor pariwisata,”harapnya.

Saat ini, kata Lepuy, Provinsi Maluku ditetapkan sebagai Lumbung Ikan Nasional dan Kabupaten Aru per tahun menjadi penyumbang ikan sebanyak 2,6 juta ton. Tentu ini menjadi fokus perhatian yang paling penting dalam pemerintahan 5 tahun mendatang.

Lepuy juga berpesan dalam periode kedua pasangan JOIN, pemerintah memfokuskan persoalan aksebilitas yaitu transportasi dari pulau ke pulau.

“Kita tahu persis bahwa di Aru belum ada, katakanlah jalan trans atau jembatan yang menghubungkan pulau satu dengan pulau yang lain, dan yang menjadi sedikit kendala untuk masyarakat Aru. Kita berharap periode kedua ini, infrastruktur jalan dan jembatan dapat dibangun,” harapnya. (PRO/MG)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau