Connect with us

Lintas Pulau

Jepang akan Bangun Sentra Kelautan di Tiakur

MBD
Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Kabupaten MBD, Djeky Laipiopa.

Tiakur, ameksOnline- Sentra Kelautan Perikanan Terpadu (SKPT) bakal dibangun di Pantai Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Ini merupakan, program Pemerintah Pusat yang sudah digagas sejak tahun 2016.

Hal ini disampaikan, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan MBD, Djeky Laipiopa, kepada AmeksOnline di ruang kerjanya, Jumat (23/10) pagi tadi. Maluku Barat Daya (MBD) mendapat kebagian untuk melakukan pembangunan.

“Kalau untuk anggaran, beta (saya) belum bisa pastikan berapa besar. Tapi sangat besar. Ini Dana Hiba dari Jaica Jepang, NGO dari Pemerintah Jepang,” kata dia.

Menurut Djeky, KKP yang menggagas SKPT. Tetapi untuk pendanaannya itu langsung dari Jepang. “Karena untuk SKPT ini ada beberapa Kabupaten, tetapi yang lainya itu dari APBN Murni. Tapi khusus untuk MBD dan enam Kabupaten Kota mendapat penganggaran dari Jepang,” akuinya.

Pemerintah hanya menyediakan lokasi untuk pembangunan SKPT. Untuk tahapan pembangunan, menjadi tanggungjawab Kementerian Kelautan.

Pemerintah Jepang yang akan hibahkan anggarannya ke Pemerintah Indonesia. baru lewat Kementerian Kelautan itu dimanfaatkan untuk membangun beberapa SKPT.

“Intinya, kita dikasih tugas untuk menyediakan lahan, lebih dari itu tidak. Lahan yang sudah disiapkan 1, 4 Hektar. Tahun kemarin juga mereka sudah melakukan survei di lapangan untuk nantinya dilakukan perencanaan,” tukas Djeky. (Mg-4).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau