Connect with us

Lintas Pulau

Jurnalis Kabupaten Buru Berbagi Takjil dan Masker

Sejumlah jurnalis yang melakukan kerja jurnalistik di Buru, Rabu(5/5) membagikan takjil dan masker ke warga. - Dade-

Ambon, ameksOnline.- Untuk mencari amal di bulan suci ramadhan 1442 Hijriah berbagai kalangan menyediahkan makanan berbuka puasa (takjil) untuk dibagikan kepada masyarakat. Salah satunya jurnalis Kabupaten Buru.

Juranalis Kabupaten Buru, Kamis ( 05/5) melakukan kegiatan berbagi takjil gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan di pasar Namlea dan Simpang Lima Par Kabupaten Buru.

Selain pembagian takjil gratis para jurnalis juga membagikan 100 buah masker kepada masyarakat sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Pjs Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Buru, Anto Rada mengatakan, pembagian bantuan 150 paket takjil berbuka puasa yang dibagikan oleh para jurnalis di Kabupaten Buru itu sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama umat.

” Pembagian takjil yang kami lakukan di berbagai lokasi di Kabupaten Buru ini sebagai bentuk kepedulian antar sesama di bulan suci ramadhan,” kata Anto Rada.

Dia menjelaskan, ratusan kotak nasi, air mineral dan es buah diberikan langsung kepada pejalan kaki, pedagang kaki lima, pengguna sepeda motor pengayuh becak serta masyarakat yang ditemui disejumlah ruas jalan baik dipasar Namlea maupun di Simpang Lima Park.

Selain pembagian takjil kata dia, para jurnalis ini juga membagikan masker sekaligus memberikan pesan kepada masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

” Untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini merupakan tanggungjawab semua stakholder. Olehnya itu, kami wartawan membagikan masker serta menyampaikan pesan kepada masyarakat agar tetap menerapkan prokes,” tandasnya.

Sementara itu, wartawan senior Kabupaten Buru, Lili Ohorella dalam kesempatannya mengatakan, membagikan makanan berbuka puasa (takjil) secara gratis pada bulan Ramadan merupakan kepedulian wartawan ditengah pandemi covid-19.

Tujuan utama dari pembagian takjil ini adalah untuk berbuka puasa selama satu hari penuh. ” Rekan-rekan wartawan juga sudah begniat untuk berbagi di bulan Suci Ramadan kali ini. Kadaan pandemi seperti ini tentunya sangat menganggu semua segmen. Olehnya itu, sebagai bentuk kepeduliannya, rekan-rekan jurnalis berbagi menu buka puasa untuk masyarakat,” kata Lili Ohorella.

Menurutnya dalam ajaran agama islam seperti yang dikutip dari buku
saku sukses Ibadah Ramadhan yang diterbitkan LTN PBNU mengajarkan, bahwa orang yang memberi buka puasa dapat memperoleh pahala layaknya orang yang berpuasa tersebut.

“ Zaid bin Khalid Al-Juhani berkata bahwa Nabi Muhammad bersabda, barang siapa memberi buka puasa, maka ia mendapatkan seperti pahala orang berpuasa, tanpa mengurangi pahala puasa sedikitpun, ” tanda Ohorella mengutip Hadits H.R Tarmizi.

Dia menjelaskan usai membagikan takjil dan masker kepada masyarakat, para jurnalis langsung melakukan berbuka puasa bersama Kabag Humas Kabupaten Buru, Umar Karepesina dan Ketua KPU Kabupaten Buru, Munir Soamole.

” Jadi setelah membagikan takjil dan masker kepada masyarakat jurnalis Kabupaten Buru langsung melakukan buka puasa bersama dengan Kabag Humas Kabupaten Buru, Umar Karepesina dan Ketua KPU Buru, Munir Soamole, ” singkatnya. (AKS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau