Connect with us

Ekonomi

Janji Menko Polhukam Ajak Wishnutama Kunjungi Banda

Mahfud MD

Ambon,ameksOnline-Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Kemanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, merespon usulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku untuk dijadikan Kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) masuk dalam proyek sterategi Nasional (PSN)

Usulan Pemprov disampaikan beberapa waktu lalu, menyangkut pengembangan potensi pariwisata di Kepulauan Banda. Ini direspon positif Menko Polhukam saat kunjungan kerja ke Maluku, Kamis (23/07/2020). Ia akan mengajak langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wisnuhutama Kusubandio meninjau langsung ke Banda.

“Nanti kalau pandemi Covid sudah berlalu, penormalan kita sudah menjadi budaya kehidupan kita lagi, mudah-mudahan itu tidak lama. Kalau sudah agak-agak normal gitu mungkin saya akan mengajak Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke sini (Maluku), mari kita lihat ini tempat, bangun ini,” ujar Menko Polhukam.

Ini, disampaikan dalam amanatnya saat Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak 2020 di lantai VII kantor gubernur Maluku, Kamis kemarin.”Tadi pak gubernur menunjukan tentang pulau ini sangat indah, bayangkan sudara-sudara Maluku itu punya 1.304 pulau. Indonesia itu punya 17.504 pulau. Dan dari sekian itu 1.304 di Maluku.Dan dari sekian (1.304) ada tempat paling indah banyak sekali,” akui Mafud MD.

Selain wisata bahari, Banda juga layak dijadikan sebagai wisata sejarah.” Mudah-mudahan nanti, misalnya Kepulauan Banda misalnya yang tadi sudah ditunjukan (Gubenur-red) betapa indah-nya itu.Yah, saya diskusi-diskusi bagaimana kalau disana dijadikan sebagai kawasan wisata nasional. Sekaligus disitu menjadi museum secara nasional juga bisa,” katanya.

“Karena ini (Banda) tempat bersejarah juga. Pendiri negara, para tokoh-rokoh proglamasi kan dulu juga di asingkan disitu, di Banda,” tambah Menko Polhukam.

Terpisah Sekretaria Daerah (Sekda) Kasrul Selang, mengatakan tindak lanjut dari usulan menjadikan kecamatan Banda masuk dalam kawasan proyek strategis Nasional itu, akan dibahas lagi dengan pemerintah pusat (Pempus) lewat kementerian terkait.

” Iya, nanti tanggal 5 Agustus kita mau paparan lagi di Kementerian Koordinator Bidang Kementerian dan Inventasi. Kita akan paparkan lagi Deputi-nya yang membidangi Pariwisata,” ujar Sekda dipelataran Masjid Raya Al-Fatah Ambon, Jumat (24/07/2020).

Usulan ini, pemerintah pusat menurut Kasrul Selang, tidak menampik Menko Polhukam sangat mendukung menjadikan Banda masuk sebagai wilayah proyek strategis Nasional.

” Kemarin (Kamis-red) Menko Polhukam sangat mendukung, untuk menjadikan Banda sebagai proyek strategis Nasional.Didalamnya pariwisata dan Moseum nasional, bahkan dunia. Karena di sana nilai sejarahnya,tempat pengasingan itu dan lainya,” demikian Sekda. (ERM).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ekonomi