Connect with us

Berita Utama

Kapolres Perempuan Pertama di Maluku, Pimpin Polres Malteng

Kapolres Perempuan
AKBP Rosita Umasugi

Ambon,ameksOnline.- Kapolri Jenderal Idham Azis kembali melakukan rotasi terhadap ratusan perwira tinggi dan menengah Polri di seluruh Indonesia, termasuk Polda Maluku.

Informasi yang diperoleh AmeksOnline menyebutkan, mutasi perwira tinggi dan menengah itu tertuang dalam sejumlah Surat Telegram Rahasia (STR) Kapolri yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan tertanggal 3 Agustus 2020.

Diantaranya untuk Polda Maluku, ada nama Kombes Pol Antonius Wantri Yulianto, pamen Polda Maluku, diangkat sebagai Karo Operasi Polda Maluku.


Kemudian Kapolres Maluku Tengah, yang kini dijabat oleh AKBP Hendri Purwono dimutasikan ke Mabes Polri. Jabatan yang ditinggalkan AKBP Hendrik selanjutnya di tempati AKBP Rosita Umasugi yang kini menjabat sebagai Kabag Binops Direktorat Lalu Lintas Polda Maluku.


Ita sapaan AKBP Rosita Umasugi merupakan Kapolres wanita pertama di Provinsi Maluku. Wanita berkerudung ini merupakan alumnus Akademik Kepolisian, dan pernah menjabat sebagai Wakapolres Maluku Tengah, ketika masih berpangkat Kompol.

Tak hanya Kapolres Maluku Tengah, yang dimutasikan melainkan ada juga Kapolres Pulau Buru, yang kini dijabat AKBP Ricky Purnama Kertapati dimutasikan sebagai Kabag Binkar Biro SDM Polda Maluku.

Jabatan Kapolres Pulau Buru, selanjutnya akan ditempati oleh AKBP Agia Febri Kusumawiatmaja, yang sebelumnya menjabat sebagai komandan Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku.

Selanjutnya ada Kapolres Maluku Tenggara Barat, AKBP Adolof Bormasa dimutasikan sebagai Kabag Wassidik Direktorat Reskrimum Polda Maluku. Jabatan yang ditinggalkan putra Kepulauan Tanimbar, selanjutnya ditempati oleh AKBP Romi Agusriansyah yang kini menjabat sebagai Kasubdit I Direktorat Resnarkoba Polda Maluku, sekaligus pejabat sementara Wakapolresta Ambon.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Mohamad Roem Ohoirat membenarkan adanya mutasi tersebut. Menurutnya mutasi merupakan yang wajar sekaligus sebagai penghargaan bagi personil yang telah melaksanakan tugas dengan baik.


“Benar ada mutasi tersebut. Di Polda Maluku ada Karo Operasi dan tiga Kapolres yang mutasi dan satu diantara tiga Kapolres itu merupakan wanita yakni AKBP Rosita Umasugi. Untuk sertijab paling lambat 14 hari kedepan terhitung dari STR itu dikeluarkan,” kata dia ketika dikonfirmasi AmeksOnline, Selasa pagi.

Ohoirat menambahkan, jika serahterima jabatan (sertijab) akan dilaksanakan di Mapolda Maluku, dengan mengedepankan penerapan protokol kesehatan. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama