Connect with us

Berita Utama

Kasal Datangi Ambon, Marinir Latihan Pertahanan di Halong

latihan perang
Latihan Pertahanan yang digelar pasukan Lantamal Halong, Ambon, Maluku, Kamis (10/6).

Ambon, amekOnline- Kasal Laksamana TNI Yudo Margono akan berkunjung ke Markas Pangkalan Utama TNI-AL (Lantamal) IX Ambon. Semua persiapan sudah dilaksanakan. Termasuk Latihan atihan pertahanan yang digelar. Kamis (10/6/2021).

Latihan melibatkan prajurit beserta PNS di jajalan Lantamal IX Ambon, dengan materi meliputi Pertahanan Pangkalan Bahaya Udara, Penanggulangan Huru Hara (PHH) yang akan menerobos Lantamal dan Patroli Laut /coverage.

Latihan dilaksanakan di area Teluk Ambon wilayah Markas Komando Lantamal IX Desa Halong Kecamatan Baguala, Kota Ambon. Latihan bertujuan mengantisipasi berbagai bentuk ancaman yang sewaktu- waktu dapat terjadi di wilayah Markas Komando Lantamal IX dan sekitarnya.

Baca: Ambon Tuan Rumah Apeksi

Latihan melibatkan seluruh unsur Satuan di jajaran Lantamal IX, dengan mobilisasi personil secara terukur dan terintegrasi. Sehingga tercapai suatu sistem pertahanan yang kokoh dan solid.

Ini juga merupakan, program kerja Lantamal IX bidang Operasi dan latihan yang dilaksanakan setiap tahun, sebagai tolak ukur untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan perorangan dan beregu dalam menghadapi segala situasi pertempuran.

Dua hari sebelum di gelar latihan Komandan Lantamal IX/Ambon, Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono menemui Kapolda Maluku, Irjen Pol Refdi Andri Selasa (8/6/2021).

Selain bersilaturahmi, kedatangan Eko sekaligus ingin menyampaikan rencana kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) di Kota Ambon.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kapolda yang sudah diijinkan untuk menghadap,” kata Eko mengawali pertemuan dengan Kapolda.

Jenderal bintang 1 TNI di Maluku ini menyampaikan rencana kedatangan Kasal bersama pejabat tinggi AL lainnya.

“Saya ingin menyampaikan bahwa nanti tanggal 15 Juni akan ada kunjungan dari Kepala Staf Angkatan Laut didampingi Asrena, Aslog dan Aspotmar Lantamal IX Ambon,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, kedatangan Kasal di Ibukota Provinsi Maluku ini untuk meresmikan kesatrian TNI AL yang berada di Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, dan kantor Guspurla Koarmada III.

“Mohon bantuannya apabila nanti kami ada kekurangannya jika kami membutuhkan pengamanan dan pengawalan,” pintanya.

Rencananya, lanjut Eko, kedatangan Kasal untuk peresmian nanti diharapkan Kapolda Maluku bersama Gubernur dan Pangdam Pattimura dapat beriringan melakukan pendampingan.

Menanggapi rencana kedatangan Kasal yang disampaikan Danlantamal Ambon, Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri, menyambut baik.

“Terima kasih atas diberitahukannya giat kunjungan Kepala Staf Angkatan Laut ke kami. Kami merasa ada untuk membantu kelancaran giat dimaksud,” katanya.

Ia berharap kedatangan Kasal dalam sejumlah kegiatan nanti dapat berjalan sukses, lancar dan aman.

“Terkait dengan pengawalan dan pengamanan Karo Ops akan berkoordinasi dengan Direktur Lantas dan Kapolresta Ambon. Giat tersebut harus aman dan terkendali,” pintanya.

Baca: Tiga Rekomendasi Pemerintah Soal Air

Pada kesempatan itu, Kapolda mengaku pada 15 Juni nanti juga bertepatan dengan kegiatan serah terima jabatan di Mapolda Maluku.

“Kita juga ada giat serah terima jabatan tanggal 15 Juni, tapi nanti kita tunda dulu setelah makan siang. Kita akan bantu Pak Danlantamal melancarkan kegiatannya,” terangnya.

Kapolda juga menyampaikan jika dibutuhkan Gugus, maka Karo Ops akan berkoordinasi dengan Dansat Brimob.”Kita harus lancarkan giat tersebut dan buat seaman mungkin,” tandasnya.(ERM).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama