Connect with us

Berita Utama

KPU SBT Masih Hitung Tambahan Dukungan Rohani-Ramli

Tim sukses Rohani-Ramli saat memasukan dukungan untuk pencalonan independent Bupati dan Wakil Bupati SBT. -IST-

Ambon,ameksOnline.-Pasangan  bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) 2020 jalur perseorangan, Rohani Vanath-Ramli Mahu telah menyerahkan dukungan tambahan. KPU daerah setempat masih menghitung dan mengecek dukungan tersebut.

Pasangan dengan akronim NINA-RAMAH ini, sebelumnya telah menyerahkan 15.320 dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) SBT. Setelah verifikasi administrasi, jumlah dukungan tersebut berkurang menjadi 11.531.

Selain melakukan verifikasi administrasi, KPU juga berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskdukcapil) terkait dokumen kependudukan. Hasilnya, ada 120 pemberi dukungan yang identitas kependudukannya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),sehingga jumlah dukungan yang lolos untuk diverifikasi faktual sebanyak 11.411.

Jumlah dukungan tersebut kembali berkurang menjadi 8.026, dan telah ditetapkan oleh KPU SBT dalam Rapat Pleno yang berlangsung selama 20-21 Juli. Sesuai keputusan KPU, jumlah minimal dukungan pasangan bakal  calon perseorangan atau independen di Pilkada SBT sebanyak 10.212. 

Olehnya itu, pasangan NINA-RAMAH masih kekurangan 2.168 dukungan. Sesuai aturan, mereka harus memasukan dukungan dengan jumlah dua kalilipat dari kekurangan tersebut. Pada Senin (27/7) pasangan independen ini mengklaim telah menyerahkan 18.554 dukungan kepada KPU SBT.

“Pada hari Senin tgl 27 Juli 2020 tepat pukul 23.00 Wit,  Bapaslon Nina Ramah dan tim menyerahkan dukungan KTP perbaikan sebanyak 18.554 untuk memenuhi kekurangan dukungan KTP sejumlah 2.186,”kata Rohani Vanath di akun facebooknya, Selasa (28/7).

Anggota KPU SBT, Amnum Naqib yang dikonfirmasi AmeksOnline, Rabu (29/7) mengatakan, pihaknya masih mengecek dan menghitung dukungan tersebut. “Sampai sekarang masih dilakukan pengecekan. Tinggal dua kecamatan, yakni Bula dan Bula Barat,”kata Amnum.

KPU berusaha menyelesaikan pengecekan dukungan, hari ini. “Sebenarnya sudah selesai,  cuman untuk kecamatan Bula ini kan banyak, tebal jadi masih kami cek. Hari ini harus selesai,”tandasnya.

Sesuai mekanisme, KPU dan jajarannya akan melalukan verifikasi administrasi dan faktual terhadap dukungan tersebut. Setelah itu ditetapkan sebagai dukungan MS melalui rapat pleno.

Sebelumnya, Bakal Calon Wakil Bupati, Ramli Mahu optimistis  pasangan NINA-RAMAH lolos jadi peserta Pilkada SBT 2020. 

“Jadi, kami sangat optimis lolos. Artinya, acuan kami adalah dari 11 ribu yang telah verfak (verifikasi faktual) sebelumnya, kami masih berada pada angka 8.026. Jadi, kami sudah siapkan KTP 20 ribuan, maka kami pastikan vermin (verifikasi administrasi) mungkin 10 ribu sekian TMS. Nah, dari 10 ribu ini kita hanya cari 2000 saja masa tidak bisa,”kata Mahu via seluler. (tab)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama