Connect with us

Berita Utama

Lapak PKL Mardika Batal Dibongkar, Pemkot Setengah Hati

Revitalisasi Pasar Mardika
Demo PKL dan mahasiswa yang terjadi beberapa hari lalu di Balai Kota Ambon. -Ars Hehanussa-

Ambon, ameksOnline.- Lapak PKL Mardika tertunda dibongkar. Pemerintah Kota Ambon nampak setengah hati. Keputusan ini mulai berbelok, ketika aksi demontrasi beruntun terjadi di Balai Kota Ambon.

Pemkot Luluh dengan teriakan massa. Rencana Dinas Perindustrian dan dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, untuk membongkar lapak Pedagang Kaki Lima (PKL), guna merelokasi mereka dari kawasan Pasar Mardika, hingga kini tak kunjung terealisasi.

Sesuai hasil rapat dan koordinasi dengan sejumlah instansi, pembongkaran lapak PKL itu seharusnya berlangsung, Kamis (10/6).

Baca: Masa Wellem Wattimena Berakhir

Kepala Dinas PUPR Kota Ambon, Melianus Latuihamallo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala perlengkapan termasuk alat berat guna membantu Dinas Perindag untuk membongkar

“Kan jadwalnya (pembongkaran) hari ini (Kamis kemarin,red), makanya kita (Dinas PUPR) siap. Tapi belum ada kabar dan kami masih tunggu dari Dinas Indag (Industri dan Perdagangan) untuk relokasi pedagang dulu, baru bisa dibongkar, “kata dia, kepada wartawan di Ambon kemarin.

Menurut dia, pihaknya saat ini telah siap dalam melakukan pembongkaran, hanya saja, Pasar Mardika harus dikosongkan dari PKL.
“Lebih jelas kapan di bongkar tanya langsung di Disperindag saja, “tandasnya.

Terpisah Dinas Perindag tak mau mengomentari hal tersebut lebih jauh. Mereka masih terus berkoordinasi dengan intansi terkait, termasuk menyiapkan lokasi untuk para PKL yang ada direlokasikan.

Untuk diketahui, sebelumnya Dinas PUPR Kota Ambon, sebelumnya telah merencanakan pembongkaran lapak PKL Mardika, di mulai sejak tanggal 10 Juni hingga 24 Juni mendatang.

Pembongkaran tersebut, diakui harus dilakukan dalam waktu dekat, lantaran segala persyaratan teknis mengenai revitalisasi Gedung Putih, Pasar Mardika telah disiapkan.

Baca: Limbah PLTD Diduga Mencemari

Untuk Manejemen Konstruksi (MK), terkait revitalisasi Gedung Putih Pasar Mardika, proses lelangnya telah dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2021 lalu, kemudian lelang fisik kemungkinan besar digelar pada pertengahan Juni nanti.

Sebelumnya, Ratusan PKL Mardika seruduk Balai Kota Ambon. Mereka menolak dilakukan relokasi mandiri. Ini sebagai respon surat Pemerintah Kota (Pemkot) kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) pasar Mardika.


Surat Pemkot Ambon untuk melaksanakan relokasi mandiri, mengingat proyek revitalisasi pasar tersebut, segara dilakukan dalam waktu dekat. Sayangnya niat baik Pemkot untuk meminta para PKL melakukan relokasi mandiri tidak didukung oleh para PKL. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama