Connect with us

Ragam

Longsor di Batumerah, Satu Rumah Rusak

Longsor di Batumerah menyebabkan rumah warga rusak. -Elias Rumain-

Ambon, ameksOnline.-Longsor di Batumerah menyebabkan satu rumah rusak parah. Ini akibat curah hujan tinggi, pada Kamis (3/6). Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Lorong Satu, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon tertimpah lonsor.

Bangunan rumah tertimpah longsor diketahui milik keluarga Muklis. Beruntung insiden itu tidak sampai menimbul korban jiwa hanya kerugian materil berupa tembok rumah jebol. Saat kejadian, Muklis dan keluarga sementara berada di dalam rumah.

Baca: Banjir Ambon

Wa Sukma, istri Muklis kepada media ini mengisahkan, sebelum kejadian suaminya baru saja pulang tempat kerja. Merasa lelah, Muklis lalu menyuruh istri dan anaknya naik ke tingkat (lanrai Dua) untuk istrahat.


“Belum beberapa menit kami mendengar suara bunyi dari bawah (lantai Satu), ternyata tanah longsor menghantam dinding kanan rumah kami,” cerita Sukma, kepada AmeksOnline, Jumat (4/6/2021).

Insiden itu menyebabkan dinding rumah terbongkar, dan tanah yang campuran batu masuk ke dalam rumah.

” Memang tidak ada barang barang elektronik yang rusak, cuman dinding rumah yang terbongkar, sehingga tanah penuhi semua ruangan dapur,” katanya.

Menurut Wa Sukma, jarang sekali ketika suaminya pulang mereka langsung naik istrahat di tingkat, karena suaminya kelelahan. Sehingga mereka langsung naik lantai dua untuk beristrahat.

” Kalau Seng (tidak) tidak tau lagi apa yang terjadi dengan Katong,” kata Sukma dengan dialek Ambon, menyesali.

Baca: Banjir Bandang Mengancam

Menurut Sukma insiden itu terjadi sekitar pukul 21:50 WIT (Kamis,malam). Lebih lanjut dikatakan, ada perhatian Pemerintah atas musibah Bencana Alam yang dialami keluarganya.

“Beta berharap ada pemerintah bisa meringankan musibah yang kami alami ini, untuk memperbaiki kerusakan rumah kami,” demikian Sukma, berharap ada perhatian pemrintah Kota Ambon.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury mengatakan, longsor yang terjadi di Kota Ambon, mayoritas dikawasan kecamatan Sirimau, dan kecamatan lainnya.

“Laporan pagi (Jumat) yang masuk ada 3 titik longsor di kecamatan Sirimau,” kata dia kepada AmeksOnline,Jumat (4/6).

Menurutnya, longsor tersebut terjadi di Kelurahan mangga Dua, RT 002 RW 01, menimpah keluarga Yunus Tingkery.
“Kemudian di Dusun Kayu Putih Desa Soya (Lorong SMPN 10 Ambon), dan di kelurahan Batu Meja RT 004 RW 03,sedangkan di Kelurahan Waihoka ancaman longsor,,” jelasnya.

Dikatakan, bencana tanah longsor lokasi Kelurahan Mangga Dua RT. 001/002, tidak menimbulkan korban jiwa. “Keluarga J. Luhukay 3 jiwa dan Agus Rangaan 3 jiwa. Tidak ada korban jiwa hanya material longsor dan pohon tumbang menimpa rumah. Kejadiannya 00.30 Dini hari, ” paparnya.

Dirinya berharap, agar warga tetap waspada ketika hujan turun, sebab kondisi alam saat ini tidak menentu. (ERM)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Ragam