Connect with us

Lintas Pulau

Malra Siap Tampung Vaksin Untuk Kota Tual dan Aru

ILUSTRASI

Ambon, ameksOnline.- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara, telah menyiapkan lokasi penyimpangan vaksin untuk Kota Tual, dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Kepala Dinas Kesehatan Maluku Tenggara, dr Ketty Notanubun mengatakan, tempat penyimpangan telah disiapkan Pemkab Malra hanya saja menunggu izin BPOM.

” 18 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit sebagai aktifitas pelayanan kesehatan, dari 18 puskesmas dan 2 Rumah Sakit ini akan dijadikan sebagai tempat penyimpanan vaksin. Pool Cold Chain, tempat penyimpanan vaksin, “kata dia, kepada wartawan saat konferensi Pers di kantor Bupati Malra, Jumat sore.

Menurutnya, vaksin akan pertama kali disuntik untuk tenaga kesehatan, karena ini itu dalam beberapa Minggu kedepan ada 110 orang tenaga kesehatan akan dilatih secara virtual bagaimana cara menggunakan ini.

“Untuk 110 tenaga kesehatan itu akan kami ambil dari 5 orang per Puskesmas dan 10 orang per Rumah Sakit yang terdiri dari Dokter, perawat dan Bidan selanjutnya akan dilatih secara virtual nanti, “jelas dia.

Mantan Direktur Rumah Sakit Karel Sadsuitubun menegaskan, pihaknya tengah menunggu vaksin tiba di Malra, dan jika vaksin tiba akan didistribusi ke 18 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit.

” Dari 18 Puskesmas dan 2 RS kami akan siapkan 4 meja, untuk meja pertama dilakukan pendaftaran, meja ke kedua akan dilakukan screening untuk orang yang akan divaksinasi, dan yang melakukan screening ini adalah Dokter, kemudian pada meja ke tiga akan dilakukan Vaksinasi dan meja keempat kami akan mengimput melalui aplikasi yang sudah disiapkan,”paparnya. (MG2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau