Connect with us

Berita Utama

Masa Kerja Plh sekda 15 Hari, Wagub: Kasrul akan Kembali Bekerja

pergantian sekda maluku
Wagub Maluku, Barnabas Orno

Ambon, ameksOnline.- Penunjukan pelaksana harian Sadli Le sebagai Sekretaris daerah Maluku hanya berlaku selama 15 hari. Kasrul Selang akan bekerja lagi, setelah dinyatakan sembuh secara medis.

Hal ini disampaikan Gubernur Maluku Murad Ismail, yang dibacakan Wakil Gubernur Barnabas Orno dalam konfrensi pers di kantor Gubernur Maluku, Rabu (21/7). Pernyataan ini disampaikan untuk mengklarmfikasi simpang siur informasi pergantian Sekda.

“Ya..Plh ada batas masa kerjanya. Dia hanya menjalankan tugas rutin sekda,” kata Wagub menjawab pertanyaan wartawan. “Kalau ada pergantian, itu ada aturan dan tahapannya,” tambah Wagub.

Baca: Nakes Belum Terima Insentif, Kemendagri Mengancam Kepala Daerah

Menurut dia, secara aturan, pergantian Sekda harus diusulkan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri. “Kalau sudah sembuh, iya kan. Plh itu hanya menjalankan tugas-tugas rutinitas,” jawab wagub ketika ditanya apakah Kasrul Selang akan kembali bekerja?

Soal Kasrul Selang beberapa saat sebelum diganti sudah menjalankan aktivitas perkantoran, Wagub mengaku tidak tahu. Dia hanya menyatakan, mereka ingin Kasrul sembuh total sebelum melaksanakan pekerjaannya sebagai Sekda.

“Pa gub hanya menginginkan kesehatan pa Sekda betul-betul maksimal, baru bisa menjalankan pekerjaan. Itu saja keinginan gubernur. Jangan dimaknai secara politis,” tepsi Wagub.

Terkait dkengan posisi Kasrul Selang saat ini, kata Wagub, sementara ini istirahat. “Kalau non job itu kecuali ada keputusan resmi pergantian,” kata Wagub menjawab apakah nonjob ataukah tidak.

Dalam keterangan pers, Wagub menjelaskan kebijakan gubernur mempertimbangan tugas-tugas pemerintahan untuk memperlancar kerja. Karena itu perlu ditunjuk Plh, ketika Sekda defenitif sedang menjalani pemulihan kesehatan.

Wagub mengatakan, penunjukan Plh Sekda, kewenangan Gubernur yang diusulkan ke Menteri Dalam negeri sesuai pasal 214 ayat 1 UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Baca: Istri Gubernur Maluku Bagikan bantuan

“Kepala daerah menunjuk pelaksana harian, apabila Sekda tidak bisa menjalankan tugas kurang dari 15 hari kerja. Ini berdasarkan Pasal 4 huruf a Peraturan Presiden nomor 3 tahun 2018 tentang tugas Sekda,” kata Wagub.

Gubernur dalam keterangan pers yang dibacakan Wagub, juga menekankan jabatan Sekda bukan jabtan politis, tapi jabatan struktural dalam dunia birokrasi, sama dengan struktur jabatan lainnya, hanya berbeda eselonisasi.


Sebelumnya Gubernur Murad Ismail menunjuk Sadli Le sebagai Pelaksana harian Sekda Maluku selama Kasrul Selang menjalani pemulihan kesehatan. Penunjukan dilakukan pada Senin (19/7).(UPI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama