Connect with us

Berita Utama

Masa Wellem Wattimena Berakhir di DPRD Maluku

Rifan Kubangun
Ketua KPUD Maluku, Rifan Kubangun

Ambon, ameksOnline.- Wellem Wattimena hampir pasti kehilangan kursi di DPRD Maluku. Dia akan digantikan Halimun Sahulatu. KPUD Maluku sudah menetapkan Halimun penggantinya. Suratnya sudah masuk ke DPRD, tinggal berproses untuk sampai ke Kementerian Dalam Negeri.

Rabu (9/6) Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menyerahkan berkas Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Maluku periode 2019-2024 Welem Wattimena ke DPRD.

“Rabu kemarin kami sudah menyerahkan kembali berkas Wellem ke DPRD untuk diproses. Penyerahan ini setelah dilakukan penelitian SK rekapitulasi perolehan suara hasil Pileg 2019,” ujar Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun, Kamis (10/6) .

Baca: Limbah PLTD Diduga Mencemari Laut

Dari penyerahan itu, KPU menetapkan Halimun Saulatu sebagai pengganti Welem yang saat ini tersandung kasus hukum. Halimun pemenang kedua setelah Welem. Keduanya sama-sama dari partai Demokrat, Daerah Pemilihan (Dapil) Maluku Tengah.

Setelah penyerahan dilakukan kata Rifan, proses selanjutnya tidak lagi di KPU. Tetapi, sudah menjadi tanggungjawab DPRD untuk diusulkan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Penyerahan berkas dilakukan melalui rapat pleno KPU Maluku yang dituangkan dalam berita acara. Dan untuk proses selanjutnya adalah kewenangan DPRD,” katanya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Maluku, Boedewin Wattimena yang dikonfirmasi mengaku sudah menerima dokumen penatapan nama pengganti Wellem dari KPU dan selanjutnya tinggal diusulkan ke Menteri dalam Negeri melalui Gubernur Maluku Murad Ismail.

Pengusulan ke Gubernur akan dilakukan dalam waktu dekat. Setelah DPRD menyelesaikan tugas pengawasan tahap II di 11 Kabupaten/Kota yang sementara masih berlangsung.

“Dokumen dari KPU kami sudah terima. Tinggal diserahkan ke Gubernur untuk diusulkan ke Mendagri,” sahutnya.

Wellem Wattimena telah ditetapkan sebagai terdakwa dalam perkara tindak pidana penyalahgunaan narkoba di pengadilan Negeri Ambon.

Welem dibekuk aparat kepolisian Polresta Ambon di Bandara Pattimura saat tiba dari Jakarta 8 Maret 2021. Dari tangannya Polisi menemukan satu barang bukti berupa alat hisap sabu.

Anggota DPRD Maluku, Wellem Wattimena ditangkap Satuan reserse Narkoba Polresta Ambon dan PP Lease di Bandara Pattimura, Senin (8/3). Dia ditangkap dengan barang bukti alat pengisap Sabu.

Meski ditangkap dengan alat pengisap Sabu, namun polisi belum berhasil mengungkap ada tidaknya barang bukti berupa Sabu. Alat pengisap Sabu itu sudah di kirim ke Laboratorium Makassar, Sulawesi Selatan untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca: Kasal Datangi Ambon

“Jadi pemeriksaan lab itu terkait dengan ada tidaknya bekas Sabu di dalamnya. Lalu digunakan kapan terakhirnya. Semuanya akan diungkap,” kata sumber ameksOnline, pagi tadi.

Alat yang ditemukan, menurut sumber ameksOnline, berupa pipet kaca. Alat itu diduga baru saja digunakan Wellem. Barang haram itu ditemukan dalam tas miliknya.

Penangkapan dia berdasarkan informasi masyarakat. Dia dari Jakarta ke Ambon menggunakan pesawat Batik yang tiba pagi sekira pukul 07.00. Dia ditangkap saat akan keluar dari pintu bandara Pattimura.(WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama