Connect with us

Berita Utama

Masalah Pelantikan Raja Meluas, Warga Batumerah Diimbau Tak Terprovokasi

Perwakilan matarumah Nurlette, tengah memberikan keterangan pers terkait hasil putusan PTUN Makassar, kepada wartawan di Batumerah, Jumat (26/2). (Ars Hehanussa/Ameks).

Ambon,ameksOnline.- Proses pelantikan raja Negeri hingga kini masih terus berlarut-larut. Sementara klaim matarumah parentah oleh salah satu oknum warga, dianggap keliru dan dapat memprovokasi warga. Warga diminta untuk tidak terprovokasi dengan oknum tersebut, sebab sudah ada matarumah parentah yang sah di Batumerah, yakni keturunan Abdul Wahid Nurlette bukan yang lain.

“Warga jangan terprovokasi dengan orang-orang atau kelompok yang mengatasnamakan Nurlette, sebab keturunan Abdul Wahab Nurlette, adalah sah. Selain dari pada itu (Keturunan Abdul Wahab Nurlette) berarti jangan didengar,”kata Said Nurlette, yang juga saniri negeri dari mata rumah parenta Nurlette, kepada wartawan di Batumerah, Jumat (26/2). 

Dirinya juga mengimbau, seluruh warga masyarakat untuk tenang dan menahan emosi, sebab jika tidak maka proses pelantikan dapat terganggu.


“Kalau kita ribut apa yang sudah kita perjuangkan ini akan sia-sia. Jadi marilah sama-sama menjaga proses ini sampai pelantikan Raja Negeri Batumerah. Termasuk menjaga situasi dan kondisi keamanan di negeri Batumerah, sebab Batumerah, menjadi salah satu jantung di kota Ambon,” ajaknya.

Ditempat yang sama, salah satu tokoh adat Batumerah, Usman Masawoy mendesak, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy didesak untuk segera mengambil sikap tegas guna melantik raja negeri Batumerah.  


Menurutnya, desakan itu sudah sesuai dengan putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Makassar dalam putusan banding Nomor 1/8/2021/PT.TUN.Makassar, Senin, 22 Februari 2021, telah menerima permohonan banding dari para penggugat, dan menguatkan putusan PTUN Ambon Nomor: 12/G/2020/PTUN.ABN tertanggal 20 Oktober 2020.


“Tidak ada alasan lagi. Putusan PTUN Makassar telah menguatkan PTUN Ambon. Kami minta segera lantik Saniri, dengan lantik saniri maka raja juga akan dilantik,”tegasnya. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama