Connect with us

Metro Manise

Nainggolan “Pergi” Sisakan Catatan Buruk Penanganan Korupsi

Serahterima jabatan sejumlah perwira menengah di Polda Maluku, Kamis (27/7). -Nelson-

Ambon, ameksOnline.- Kombes Firman Nainggolan resmi tinggalkan Polda Maluku. Jabatan Direktur kriminal khusus yang ditinggalkannya diidi oleh Kombes Eko Santoso. Kepergian Firman ke Bareskrim Mabes Polri justeru menyisahkan banyak kasus korupsi yang tak tuntas ditangani.  

Firman sendiri akan menpati jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Mabes Polri dalam rangka Pendidikan Lemhanas PPRA LX tahun anggaran 2020. Firman tak memiliki prestasi baik dalam penanganan kasus-kasus korupsi. 

Banyak kasus yang ditangani, namun jasrang sampai ke tangan kejaksaan maupun pengadilan. Hanya satu kasus yang masuk ke Pengadilan Tipikor Ambon yakni, kasus korupsi dana Bak BPDM Kepulauan Aru. Sisanya, tidak.

Kasus yang ditinggalkan, seperti pengadan empati speedboat di Maluku Barat Daya, kasus beras yang melibatkan Walikota Tual Adam Rahayaan, kasus korupsi Poltek, dan kasus jebolnya dana nasabah BNI Ambon. 

Banyak kasus korupsi jumbo yang ditinggalkan. Nainggolan, sendiri diserahterimakan kemarin, di pimpin langsung oleh Kapolda Maluku Irjen Pol, Baharudin Djafar di ruang rapat utama (Rupatama) Polda Maluku.

Selain jabatan Dirkrimsus, Jabatan Direktur Lalulintas (Dirlantas) akan diisi AKBP Rahmat Hakim menggantikan Kombes Heru Trisasono. AKBP Rahmat sebelumnya menjabat Irbid Operasional Itwasda Polda Metro Jaya, sementara Kombes Heru dimutasikan ke Polda Sumatera Selatan sebagai Dirbinmas.

Selain jabatan Direktur, jabatan Kapolres yang diserahterimakan, masing masing Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadhila Siregar akan menenmpati jabatan baru sebagai Kasubbag Beklat Bagian Misi Perdamaian dan Kemanusiaan (Bagdamkeman) Biro Misi Internasional Divisi Hubungan Internasional Polri.

Jabatan yang ditinggakan Siregar akan ditempati oleh AKBP Alfaris Pattiwael yang sebelumnya bertugas sebagai Kasubbagminwa Korpsmahasiswa Waketbinmiwa STIK Lemdiklat Polri. Posisi Kapolres selanjutnya yakni Kapolres SBT dan Kapolres MTB. Pada posisi ini kedua pejabat hanya bertukar posisi. Jabatan Kapolres SBT yang sebelumnya dijabat AKBP Adolof Bormasa akan di isi oleh AKBP Andre Sukendar yang sebelumnya adalah Mapolres MTB, sementara jabatan yang di tinggakan Sukedar di isi oleh AKBP Bormasa.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M Roem Ohoirat membenarkan kejadian sertijab tersebut. “Ya, benar. Sertijab tadi pagi (kemarin) dipimpin langsung Pa Kapolda,” singkat Roem via watshapnya, kemarin. (NEL)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Metro Manise