Connect with us

Metro Manise

Nipu Silsilah, ASN Dinsos Dieksekusi ke Lapas

ILUSTRASI

Ambon, ameksOnline . – Tim Eksekutor Kejaksaan Negeri Ambon akhirnya mengeksekusi Elvis Parera dari Rumah Tahanan (Rutan) Lapas Kelas II A Ambon ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Ambon. Terpidana ini merupakan salah satu pegawai pada Dinas Sosial Provinsi Maluku.

Eksekusi itu dibenarkan Pengawal Tahanan Kejaksaan Negeri Ambon, Saipul kepada Ambon Ekspres, Senin (13/7). ” Iya benar terpidana Elvis Parera sudah dieksekusi ke Lapas Kelas II Ambon,” akui Saipul.

Sebelumnya terpidana dialihkan dari status penahanan Rutan Waiheru Ambon menjadi tahanan kota terhitung sejak 7 November 2019 lalu.Setelah menjalani masa tahanan kota, Elvis Parera dijebloskan kembali ke Lapas Kelas A Ambon berdasarkan Putusan Pengadilan Tinggi Ambon Nomor :8/PID/2020 tgl,4 Februari 2020.

Terpidana dieksekusi sekira tanggal 24 Juni 2020 dalam kasus pidana penggelapan asal usul sebagaimana dijerat dalam pasal 277 ayat (1) KUHP Jo pasal 55 ayat (1) KUHP dalam Dakwaan Tunggal penuntut umum. Atas Perbuatannya terpidana divonis 7 bulan penjara.

” Jadi terpidana dieksekusi berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi Ambon Nomor :8/PID/2020 tanggal 4 Februari 2020,” singkatnya.

Terpisah keluarga ahli waris Benjamin Perera, Ibrahim Parera berharap, kasus ini dapat memberikan efek jerah kepada pelaku lain terkhususnya di Maluku agar tidak melakukan perbuatan pidana yang sama.

Apalagi kata dia, sebagai pegawai mestinya memberikan contoh dan tauladan yang baik kepada pelaku lain, agar melakukan sebuah tindakan maupun perbuatan harus memikirkan konsekuensi yang akan diterima.

” Jangan dilihat dari ringan dan berat hukumannya. Namun diharapkan hukuman yang diterima setiap orang dapat menjadi efek jerah bagi pelaku lain dalam melakukan perbuatan yang sama,” pungkasnya. (AKS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Metro Manise