Connect with us

Amboina

Pangdam Pattimura Perintahkan Fokus Ketahanan Pangan

Pangdam Pattimura, Mayjen Marga Taufiq saat Vicon. -Pendam-

Ambon,ameksOnline.- Di tengah ekonomi rakyat terpukul Covid-19, ketahanan pangan justeru dilirik TNI-AD. Tanaman unggulan berdasarkan karakter warga setempat dibudidayakan, menjadi fokus mereka.  

Hal Ini dipertegas, Panglima Kodam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq. Dia meminta jajarannya berperan aktif membantu pemerintah mengatasi dampak Covid-19 khususnya dibidang ketahanan pangan.

Menurut Pangdam, program ketahanan pangan kini telah dilaksanakan oleh seluruh jajarannya, melalui pelaksanaan TMMD.

“Kepada seluruh jajarannya untuk lebih meningkatkan ketahanan pangan di wilayahnya khususnya produk tanaman unggulan. Kita harus bantu pemerintah,” kata Pangdam saat menggelar vicon dengan satuan jajarannya dalam rangka membahas peningkatan dan perkuatan ketahanan pangan untuk mendukung percepatan penanganan dampak Covid-19 di Provinsi Maluku, yang berlangsung diruang Yudha, Makodam. Jumat (10/7) siang.

Jenderal TNI dua bintang ini menegaskan, tidak hanya fokus menangani penyebaran Covid-19, Kodam XVI/Pattimura juga sedang fokus menangani dampaknya yakni ketahanan pangan.

“Ketahanan pangan dimasa Covid-19, perlu menjadi perhatian semua pihak, maka selain berupaya memutus mata rantai Covid-19. Kita juga harus memastikan stok  pangan tersedia,” Imbuh orang nomor satu di Kodam Pattimura itu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku yang diwakili Sekretaris  Dinas Pertanian Provinsi Maluku Jasmin Bajak mengatakan, Dinas Pertanian Provinsi Maluku sedang menggalakkan berbagai program ketahanan pangan seperti menanam padi darat, jagung, perikanan ikan tawar, ternak unggas. 

Jasmin berharap, dalam program ini juga mendapat dukungan Pangdam beserta jajaran. “Semua pihak harus saling membantu dan bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan pihak yang memiliki lahan seperti korporasi pertanian. Bisa pinjam pakai lahan yang belum dimanfaatkan untuk menanam padi atau jagung atau lainnya. Dan kreativitas inovasi dalam meningkatkan ketahanan pangan perlu dimunculkan disetiap daerah,”paparnya. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Amboina