Connect with us

Politik

Paslon Diminta Jaga Prokes Saat Kampanye

Bawaslu Maluku
Ketua Bawaslu Maluku, Abdullah Ely

Ambon, ameksOnline.- Pemiliham Kepala Daerah tahun 2020 berlangsung ditengah Pandemi Covid-19. Berbagai upaya dilakukan agar penyebaran Corona bisa dihindarkan, apalagi saat kampanye dengan mendatangkan massa.

Menyikapi hal itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Maluku selalu memberikan peringatan kepada pasangan calon Bupati-Wakil Bupati di empat daerah yang melaksanakan Pilkada untuk tetap menjaga protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Ketegasan ini sebagai bentuk menghindari agar tidak terjadi klaster baru Covid-19 saat kampanye berlangsung, hingga saat pencoblosan nanti pada tanggal 9 Desember mendatang.

“Kami tetap awasi semua itu. Pasangan Calon diminta untuk selalu patuhi protokol saat kampanye,” ujar Ketua Bawaslu Maluku Abdullah Ely kepada wartawan, Jumat (9/10).

Dia mengaku, ketegasan ini telah disampaikan kepada jajarannya di Empat kabupaten yang melaksanakan Pilkada, yakni Buru Selatan, Seram Bagian Timur (SBT), Kabupaten Aru dan Maluku Barat Daya (MBD).

Selain kampanye kata dia, sosialisasi ke masyarakat juga banyak yang abaikan protokol. Apalagi saat penjemputan kedatangan pasangan calon. Ini yang harus diawasi secara baik.

“Jajaran kita di empat daerah harus awasi dengan baik. Jika ada yang melanggar diberikan teguran. Karena ini demi kepentingan bersama,” jelas Abdullah.

Pengawasan dianggap sangat penting, agar Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar, tanpa menimbulkan klaster-klaster baru dimasyarakat. Akibat tidak adanya kepatuhan protokol dari tim maupun pasangan Calon.

“Ini yang kami antisipasi, jangan lagi ada kelalaian dilapangan oleh Bawasliu. Terpenting lagi ada kesadaran bersama oleh tim dan Paslon untuk tetap utamakan protokol Covid-19,” ungkapnya.(WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Politik