Connect with us

Lintas Pulau

Patah Kemudi, KM Aru Terapung Ditengah Laut

Kondisi KM Aru Indah, yang tengah dievakuasi oleh tim penyelamat, Minggu malam.

Ambon,ameksOnline.- Nasib naas menimpah Kapal Motor (KM) Aru Indah, yang berlayar dari pelabuhan feri Tual, menuju Banda Eli, Kecamatan Kei Besar Utara Timur, dengan muatan bahan banguan guna pembangunan masjid Banda Eli, pada Minggu sore kemarin.


Dalam perjalanan kapal naas yang mengangkut bahan bangunan, 3 Anak Buah Kapal (ABK), dan 4 penumpang dihantam angin dan ombak, hingga membuat kemudi kapal patah, akibatnya mereka terombang-ambing dilautan selama beberapa jam sebelum akhirnya dievakuasi oleh tim SAR, dan TNI ke darat.

Kapolres Maluku Tenggara, AKBP Alfaris Pattiwael mengungkapkan, KM Aru Indah yang mengalami kerusakan di perairan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara. Tepatnya di tepatnya di depan Ohoi (desa) Mun Kahar.

“KM Aru Indah mengalami patah kemudi, dengan jarak kurang lebih : 21 NM dari Kota Tual, peristiwa ini terjadi pada sekitar pukul 21.00 WIT, Minggu malam. Akibat kerusakan di bagian kemudi, kapal yang mengangkut bahan Bangunan, ini terombang-ambing di lautan sebelum akhirnya kita evakuasi mereka,”kata Alfaris ketika, dihubungi Senin (22/6) pagi.

Menurut alumnus Akpol 2000, setelah pihaknya menerima laporan tersebut kemudian berkoordinasi dan bergabung dengan pihak terkait guna mengevakuasi kapal tersebut.


“Mendengar informasi tersebut, Tim yang tergabung KPPP Pelabuhan Tual Res Malra, Syahbandar Tual, Basarnas tual dan KPLP tual langusng diberangkatkan dari pelabuhan Yos Sudarso Tual KM. KN. 364 milik KPLP Tual dengan tujuan melakukan Evakuasi Kapal KM Aru Indah, yang sementara terapung – apung di perairan kei besar. Mereka semuanya dalam kondisi selamat dan sehat. Saat ini mereka memilih untuk tetap bertahan di Desa Mun Kahar, untuk melakukan perbaikan mesin,”pungkas perwira dengan dua melati dipundaknya itu. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau