Connect with us

Amboina

Sekkot : Pelajar Bakal Jadi Duta Protkes

Sekkot Ambon, AG Latuheru

Ambon, ameksOnline. – Pemerintah kota (Pemkot) tak abis ide dalam rangka upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, di Kota bertajuk Manise ini. Setelah puluhan mahasiswa dari Universitas Pattimura dan IAIN Ambon, turun ke lapangan untuk membantu Pemerintah kota, dan Satgas Covid, dalam rangka penanganan pencegahan penyebaran virus mematikan itu disejumlah pos cek poin, kini giliran para siswa juga direncanakan untuk menjadi duta protokol kesehatan.

Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, Anthony Gustav Latuheru mengatakan, Pemerintah kota, bakal menjadikan siswa terutama tingkat SMP dan SD sebagai duta protokol kesehatan di Kota.

“Setelah kita lihat para mahasiswa dari Unpatti dan IAIN itu turun kelapangan dalam rangka membantu tim Satgas, cukup efektif dalam menyadarkan masyarakat. Olehnya itu kami ingin agar menjadikan siswa di tingkat SMP sebagai duta protokol kesehatan, ” kata Sekkot, kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (2/12).

Menurutnya, para siswa itu nantinya akan mengajak dan menyadarkan keluarga mereka untuk patuhi protokol kesehatan. Sebab dengan mematuhi protokol kesehatan maka hal itu merupakan cara paling ampuh dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

“Mereka pakai seragam kemudian mereka berdiri atau boleh jalan disekitar rumah atau sekolah mereka, sambil mengajak ataupun mengimbau masyarakat untuk patuhi protokol kesehatan, ” jelas dia.

Dikatakan, hingga saat ini tingkat kepatuhan dan ketaatan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan belum maksimal. Hal itu terlihat dari setiap kali pelaksanaan operasi Yustisi di Kota Ambon, masih saja menemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan masyarakat.

“Kita tidak bisa bilang sudah menurun, sebab kenapa karena masih saja warga yang kita temui tidak mentaati protokol kesehatan setiap kali tim turun operasi, ” paparnya.

Olehnya itu, Latuheru berharap, agar dengan rencana pelibatan siswa dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, bisa menyadarkan masyarakat, khususnya di Kota Ambon.

Sebelumnya, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy memberikan, apresiasi yang tinggi terhadap para mahasiswa dari kedua perguruan tinggi negeri tersebut.

“Dukungan dan partisipasi masyarakat semakin luar biasa. Saya kasih contoh misalnya di pasar kemarin, kita operasi juga mahasiswa IAIN turun membantu, di pos perbatasan Kota Ambon dan Malteng, kemudian di Poka mahasiswa Unpatti turun membantu, “ungkap Richard kepada wartawan di Balai Kota kemarin. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Amboina