Connect with us

Berita Utama

Persiapan Pesparani Nasional, Wagub Maluku Buka Audisi KVKI

PESPARANI Maluku
KREATIVITAS PESPARANI : Wagub Maluku Barnabas Orno bersama Uskup Diosis Amboina MGR PC Mandagi MSC dan Ketua LP3KD Maluku Pastor Agus Arbol saat membuka audisi peserta kompetisi KVKI Maluku di Gedung Katolik Center, Sabtu (18/9).-WAHAB PACINA/AMBON EKSPRES-

Ambon, ameksOnline.- Persiapan Pesparani Nasional mulai dimatangkan. Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno pekan kemarin resmi membukakompetisi Kreativitas Virtual Katolik Indonesia (KVKI) Maluku.

KVKI ini sebagai bentuk persiapan menuju Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) ke II tingkat Nasional dapat memberikan yang terbaik kepada daerah ini.

“Atas nama pemerintah daerah, kami sangat mengharapkan melalui audisi ini dapat melahirkan peserta yang terbaik untuk tampil mewakili Maluku ditingkat Pesparani Nasional dan bisa raih juara,” ujar Wakil Gubernur Maluku Barnabans Orno saat membuka kegiatan audisi KVKI tahun 2021 di Gedung Katolik Center, akhir pekan lalu.

Baca:

Kegiatan Pesparani memilik makna penting dan strategis dalam rangka pembinaan mental dan meningkatkan spiritualitas iman umat Katolik dibidang seni dan budaya, yang berfungsi sebagai sumber motivasi dan inspirasi untuk mempererat tali persaudaraan dan meningkatkan rasa kebersamaan di tengah pluralitas masyarakat.

Sehingga melalui audisi tingkat provinsi dengan diadakan beberapa mata lomba yakni Mazmur, Cerdas Cermat Rohani dan bertutur Kitab Suci diharapkan dapat menghasilkan talenta-talenta muda yang berbakat dan nantinya mampu mengharumkan nama Maluku pada pentas Nasional.
“Melalui kegiatan Pesparani ini diharapkan umat Katolik dapat meningkatkan ketaqwaan dan pengamalan nilai-nilai luhur keagamaan dalam upaya mewujudkan peningkatan kerukunan hidup beragama sebagai bagian dari sasaran bidang keagamaan yang menempatkan azas keimanan dan ketaqwaan sebagai bagian dari pembangunan Nasional,” kata Orno.

Sementara itu, Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi MSC mengatakan, sebagai orang yang percaya kepada Tuhan, maka perlu memuji, berdoa dan menyanyi kepada-Nya.

Menurut Uskup Mandagi, Pesparani merupakan bagian dari tujuan untuk lebih meningkatkan keimanan kepada Tuhan. ìKita perlu bernyanyi kepada Tuhan. Audisi Pesparani Nasional yang kedua ini, dikaitkan dengan kita orang yang percaya kepada Tuhan.

Tidak ada gunanya kalau mereka yang dlibatkan tidak meningkatkan keimanannya. Pesparani jangan dijadikan sebagai ajang tontonan belaka, tetapi peserta dari Maluku harus berhasil dan mengharumkan nama daerah,î sahut Mandagi.

Dijelaskan, untuk meraih keberhasilan itu, tentu tidak terlepas dari kerja keras peserta, melalui pelatihan yang matang. Karena banyak saingan dari masing-masing provinsi.

“Keberhasilan bisa diraih kalau kita mau bekerja keras, karena banyak saingan kita. Maluku harus juara satu. Kita berikan target yang tinggi. Jangan rendah. Kita optimis jangan pesimis. Kalau pesimis untuk apa,” katanya.

Baca:

Ketua Lembaga Pembinaan Kelembagaan Pesparani Katolik (LP3KD) Provinsi Maluku Pastor Agus Arbol menambahkan, kompetisi tingkat kabupaten/kota dilakukan bertujuan untuk mencari talenta terbaik. Peserta yang dianggap terbaik akan mewakili Maluku di Pesparani Nasional yang berlangsung pada tanggal 2-27 Oktober 2021 melalui virtual.

Ada beberapa mata lomba yang disertakan. Antara lain adalah menyanyi Mazmur, Bertutur Kitab Suci serta Cerdas Cermat Rohani untuk anak dan remaja. Semuanya melalui virtual.

“Rencana awalnya tuan rumah NTT. Karena Covid makanya dilakukan secara virtual . Untuk KVKI di Maluku kita lakukan secara tatap muka. Nanti tingkat Nasional melalui virtual. Kami hanya khawatir masalah jaringan saat kegiatan nanti,” ungkapnya.(WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama