Connect with us

Amboina

Personel Bakamla Maluku Disiapkan Dalam Operasi Keamanan

Ambon, ameksOnline.- Guna meningkatkan kesiapsiagaan personel dalam mengatasi berbagai ancaman kejahatan yang makin berkembang di wilayah yuridiksi Indonesia.Puluhan personel Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur, dilibatkan mengikuti kegiatan latihan operasi keamanan dan keselamatan laut.

Kegiatan yang berlangsung sejak tanggal 5 April dan diakhiri pada Kamis 22 April 2021 di ikuti 56 peserta. Beberapa materi penting diberikan dalam pelatihan itu antara lain, latihan selam dasar, latihan pemberkasan perkara kapal tangkapan, komunikasi taktis serta latihan menembak di laut.

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI, Laksamana Madya TNI AAn Kurnia dalam sambutannya, yang dibacakan
Kepala Kantor Badan Kemanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur, Laksamana Pertama Arif Sumartono, saat acara penutupan Latihan Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut mengatakan, kegiatan tersebut sangatlah penting.

Itu sebabnya, dengan bekal ilmu dan skill yang diberikan harus di implementasikan dengan baik saat menjalankan tugas dilapangan. Terutama operasi keamanan dan keselamatan laut.

Personel Bakamla kata AAn, harus berlatih untuk meningkatkan kualitas kapasitas serta pengetahuan dan kemampuan, agar selalu siap responsif dan profesional ketika di lapangan.

“Pentingnya Personel Bakamla terus meningkatkan pengetahuan dan kemampuan melalui kegiatan seperti ini, agar selalu siap disaat kondisi apapun terutama, dalam menjalankan tugas pokok operasi keamanan dan keselamatan laut. Itu yang diharapkan,” ujar AAn melalui sambutanya yang dibacakan saat upacara penutupan latihan operasi keamanan dan keselamatan laut kantor Bakamla Zona Maritim Timur di Ambon, Kamis (22/4).

AAn mengesankan, personel harus terus berlatih, tidak hanya melalui latihan yang dilakukan saat itu, tetapi dilakukan secara terus-menerus agar lebih responsif dan profesional.

“Latihan sangat penting terus dilakukan agar dapat meningkatkan kemampuan dan kualitas personel. Dan Saya akan monitor terus perkembangannya,” katanya.

Sementara , Kepala Bakamla Zona Maritim Timur, Laksamana Pertama Arif Sumartono kepada awak media menambhakan, 56 personel yang di ikut sertakan dalam kegiatan itu, semua menjalankannya dengan baik dan penuh percaya diri.

Rencana latihan kata Arif, akan terus dilakukan secara kontinyu dengan tujuan meningkatkan kemampuan, agar terbentuknya personel Bakamla yang tangguh, profesional dan responsif dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Antara lain dengan mengawaki kapal serta melaksanakan fungsi operasi keamanan dan keselamatan laut serta pengoperasian semua peralatan yang ada di kapal.

“Kemampuan para personel penting untuk ditingkatkan melalui materi-materi yang diberikan selama kegiatan berlangsung agar semuanya dapat di implementasikan dengan baik. Dan Saya melihat para personel kita antuasias dan begitu semangat dengan kegiatan ini,”
tandasnya.

Ucapan terima kasih dan apresiasi juga disampaikan kepada panitia penyelenggara dari Direktorat Latihan dan Kantor Keamanan Laut Zona Maritim Timur, nara sumber, pelatih dan para peserta latihan, serta semua pihak yang sudah memberikan dukungan terhadap terlaksananya kegiatan tersebut. (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Amboina