Connect with us

Lintas Pulau

Pesan Damai dari Masyarakat Taniwel

Seram
Masyarakat Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat yang melakukan silaturahmi menjaga kamtibmas. -IST-

Ambon, ameksOnline.- Taniwel menjadi perhatian dua pekan terakhir. Demo berjilid terkait tambang disana, terjadi di Kota Ambon. Karena itu, keamanan perlu dirawat. Silaturahmi Kambtibmas Masyarakat Desa Taniwel, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), pun dilakukan Selasa (20/10).

Kegiatan dihadiri Tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama dan Kepala Soa di Desa Taniwel. Selain itu dalam silaturhami, mereka menyepakati agar pemuda, tokoh Masyarakat, punya peran sangat penting untuk berperan aktif menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Mereka juga diharapkan melaporkan kepada aparat penegak hukum, jika ada indikasi mencurigakan yang terjadi di lingkungan tempat tinggalnya.

Masyarakat Taniwel juga mengajak seluruh elemen masyarakat Kecamatan Seram Bagian Barat, untuk bersama menjaga, menciptakan serta mewujudkan kambtibmas di Bumi Saka Mese Nusa yang Aman, Damai dan Kondusif.

“Karena untuk menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting. Seluruh elemen bangsa harus tetap berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan di lingkungan dan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan,” kata Ketua Lembaga Adat Gerets Lisay, dalam pertemuan silaturahmi Kamtibmas yang diselenggarakan Masyarakat Desa Taniwel.

Selain itu, kata dia, koordinasi harus terus dilakukan tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat. Undang-undang menguji peran penting masyarakat untuk membangun keamanan, dan ketertiban negara yang berkelanjutan.

Menurut dia, sudah seharusnya masyarakat Taniwel terlibat dalam ruang lingkup keamanan. “Struktur yang telah disebutkan diharapkan mampu berkoordinasi dan aktif untuk dapat terciptanya wilayah yang aman masyarakat yang tentram dan suasana yang kondusif,” kata dia.

“Mari katong jaga kambtibmas di Bumi Saka Mese Nusa yang aman dan damai” tambah Lisay. Kata dia, komunikasi antara perangkat di Desa Taniwel merupakan hal yang sangat penting.

Informasi dari perangkat seperti tokoh adat, tokoh agama dan warga lingkungan dapat disampaikan dengan lebih akurat sehingga mendapat solusi yang solutif. (UPI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau