Connect with us

Berita Utama

Pimpinan Yayasan Anak Bangsa Jadi Tersangka

Dua pengurusan YAB ditetapkan jadi tersangka kasus penipuan. -Ars Hehanussa-

Ambon, ameksOnline. – Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Maluku, akhirnya menetapkan Josefa Jenalia Kelbulan dan Sekretarisnya, Lambert W Miru terkait kasus penipuan dan penggelapan dana korban milyaran rupiah.

Direktur Reskrimum Polda Maluku, Kombes Sih Harno menjelaskan, kasus penipuan yang dilaksanakan oleh kedua tersangka dengan mengatasnamakan Yayasan Anak Bangsa itu sejak tahun 2012.


“Izin atau keabsahan dari Yayasan ini baru dikeluarkan dari Kemenkumham pada 2020. Korban itu ada sekitar 350 orang dari 11 Provinsi di wilayah Indonesia Timur, ” jelas dia, kepada wartawan di Mapolda Maluku, Selasa (4/5).

Menurutnya, kedua tersangka yang juga pasangan suami isteri itu ditetapkan sebagai tersangka pasca dilaporkan oleh sejumlah korban akhir April kemarin.
“Laporan yang dilayangkan oleh 5 orang korban. Sementara total korban yang terdeteksi itu sekitar 350 orang. Untuk 5 korban itu nilai uangnya sekitar Rp 553 juta, “paparnya.

Mantan Kabid Hukum Polda Maluku ini mengaku, pihaknya masih masih terus melakukan pengembangan atas kasus tersebut.


” Kita masih kembangkan. Kita juga sudah sudah membuka pos pelayanan di Polda Maluku, dan seluruh jajaran, sehingga siapa saja yang merasa dirugikan silahkan dilaporkan untuk didata, mengingat kedua sudah kita tahan di rutan Polda, “ujarnya.

Kedua tersangka ini, lanjut perwira menengah Polda Maluku kedua dijerat dengan pasal Pasal 378 dan 372 KUHPidana.


” Ancaman hukumannya diatas 5 tahun, untuk tersangka Josefa sendiri merupakan residivis kasus penipuan yang pernah di proses di Polres Tanimbar, “tandasnya. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama