Connect with us

Berita Utama

Presiden Perintah Panglima, Kapolri dan 2 Menteri ke Ambon?

Kasrul Selang

Ambon, ameksOnline. –  Lima pejabat tinggi negara diperintahkan Presiden Joko Widodo ke Ambon. Kunjungan mereka terkait dengan pelaksanaan Pemilihan kepala daerah serentak. Namun belum diketahui mereka akan berapa lama di Ambon, 

Mereka juga akan mengevaluasi langsung kondisi keamanan daerah saat pandemi Covid-19. Lima pejabat itu, Menko Polhukam Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Idham Azis, Mendagri Tito Karnavian, dan Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono. 

Sesuai agenda kelima pejabat tinggi negara akan tiba di Kota Ambon, Kamis (20/07/2020) pagi pukul 10.30 WIT tiba di Banda Pattimura Ambon dengan menggunakan pesawat milik TNI-AU.

Kelima pejabat ini lebih awal Kunker ke Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (MTB), Selasa (21/07), kemudian ke Timikia, Provinsi Papua Rabu (22/07), dan kota Ambon, Kamis (23/07). Di Ambon Menko Polhukam, Mendari, Panglima TNI, Kapolri dan Wakil Ketua DPD bersama rombongan diagendakan menginap di SwissBell Hotel di Jl. Benteng Kapaha No.88, Uritetu, Sirimau, Ambon.

Selaian kelima pejabat negara juga di agenda melaksanakan sholat Jumat, 25 Juli di Masjid Raya Al-Fatah Ambon. Makan siang di restoran. Setelah menuju Bandara Pattimura dan pesawat lepas landas 15.30 WIT dan tiba bandar udara Halim Perdana Kusuma pukul 17.00 WIB. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku Kasrul Selang di konfirmasi membenarkan.”Iya, rencana begitu tetapi masih tentatif,” katanya dikantor Gubernur Maluk, Senin (20/07) malam kemarin. 

Kunker kelima pejabat negara ini ke Maluku intinya, kata Dia menyangkut Pilkada serentak di massa pandemi covid-19 saat ini.

” Intinya Pilkada empat Kabupaten di Maluku. Kalau Covid-19 kita tinggal mendengar arahan seperti apa bagaimana protokol ditengah-tengah Pilkada dan selanjutnya. Tetapi intinya itu, Pilkada,” tambah Sekda.

Ada beberapa topik pembahasan yang akan disampaikan oleh kelima pejabat negara ini kepa Fokopimda Pemprov Maluku, Penyelenggara Pemilu (KPU dan Bawaslu), Dandim, Kapolres, dan Kejari se-Provinsi Maluku berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Kamis siang.

Topik pembahsan yakni Perkembangan Linstar Astra dalam Menjaga Kedaulatan NKRI oleh Wakil Ketua DPD, Pendisiplinan Masyarakat dalam Protokol Kesehatan  Covid-19 oleh Palinglima TNI dan Kapolri, Kesiapan Pilkada Serentak 2020 di Massa Pandemi oleh Mendagri, Perkembangan Situasi Politik Terkini oleh Menko Pulhukam.

Dan di Kamis acara silaturahmi Menko Pulhukam dan rombongan di Swissbel Hotel dengan Forkompimda Pemprov, Pemerintah Kota Ambon,Tokoh Agama, Toko Masyarakat, Tokoh Adat, Ormas dan akademisi Maluku dengan topik pembahasan yang sama.

” Dan malamnya itu ada semacam ramah tama dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemudah. Setelah sholat Jumat di Ambon barulah rombongan kembali ke Jakarta,” akui Sekda.(ERM).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama