Connect with us

Lintas Pulau

Punya Tiga Wakil di DPRD SBB, Manipa Tetap Tertinggal

Tokoh Pemuda Manipa, Hasan Pelu.

Ambon, ameksOnline.- Janji saat Pemilihan legislatif 2019 lalu, hanya pemanis. Tiga anggota DPRD Seram Bagian Barat, daerah pemilihan Kecamatan Manipa belum memberikan manfaat ke daerahnya. Warga pun diingatkan tak lagi memilih mereka.

Kondisi infrastruktur di Kecamatan Manipa, Kabupaten Seram Bagian Barat makin memperhatikan, mulai dari jalan jembatan jaringan telekomunikasi dan listrik yang belum tersedia dengan baik.

Manipa, adalah kecamatan dengan Jumlah pemilih sekitar 8000 lebih. Dengan jumlah pemilih ini, cukup mengantarkan tiga anak daerah menjadi anggota DPRD Kabupaten SBB. Hanya saja kehadiran mereka di parlemen, belum memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

Ketiga anggota DPRD periode 2019-2024 itu diantaranya Abu Silawane (Gerindra) Jamadi Darman (PAN) dan Arif Pamana (PKB). Ketiganya dinilai belum mampu memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah Pemilihan (Dapil) empat, termasuk Kecamatan Manipa.

Salah satu tokoh Pemuda Manipa, Hasan Pelu menilai, kinerja ketiga anggota DPRD tersebut, sejak dilantik sampai saat ini patut dipertanyakan apa yang sudah dilakukan untuk kebutuhan masyarakat Manipa secara umum.

Ketiganya dianggap tidak memiliki kesamaan persepsi untuk membangun daerah demi mensejahterakan masyarakat yang sudah memberikan kepercayaan kepada mereka

Pelu mengingatkan, ketiga Wakil rakyat ini agar tidak bisu di DPRD, tetapi harus memiliki rasa tanggung jawab terhadap semua keluh kesah masyarakat di daerah itu untuk diperjuangkan.

“Mereka bertiga telah diberikan amanah oleh rakyat sebagai anggota DPRD. Itu berarti harus punya rasa tanggungjawab untuk melihat apa yang menjadi kebutuhan vital bagi masyarakat di sana. Antara lain jalan lingkar, jaringan telekomunikasi dan listrik. Bukan hanya diam di DPRD. Bahkan terkesan masing-masing jalan sendiri,” ujar Pelu kepada Ameksonile, Selasa (20/4).

Dijelaskan jalan lingkar yang dijanjikan Bupati SBB Yasin Payapo juga tidak ada realisasinya. Sudah begitu, realisasi dari perjuangan ketiga anggota DPRD ini belum terlihat sama sekali.

Untuk telekomunikasi kata dia, hanya satu tower melayani satu Kecamatan. Masyarakat yang jauh dari Tower harus cari singnal bahkan sampai naik ke pohon kayu. Jalan lingkar juga demikian hanya beberapa kilo saja. Untuk listrik, mesin PLN selalu rusak. Ini yang harus perhatikan karena menyangkut kebutuhan masyarakat. Bukan hanya bantuan peribadi saja.

Belum lagi masalah lainnya, terkait Pendidikan dan kesehatan, banyak Pustu yang belum di optimalkan secara baik. Begitu pun sekolah yang masih banyak kekurangan tenaga pengajar.

“Kami sangat berharap mereka bisa memberikan yang terbaik. Bukan dengan membiarkan Manipa seperti itu, tidak ada perubahan sama sekali. Manipa terkesan di marjinalkan,” sahut Pelu.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pulau Manipa (HMPM) Maluku Sufahmi Wance juga mengatakan yang sama. Menurutnya, banyak persoalan di daerah itu yang sampai saat ini tidak ada kepedulian dari ketiga wakil rakyat tersebut.

“Kami menagih janji kampanye Bupati SBB terhadap jalan lingkar Manipa yang di realisasikan pada tahun 2021 bulan maret, tetapi sampai hari ini sudah masuk bulan April 2021, belum ada tanda-tanda pekerjaan dilakukan,” beber Sufahmi.

Sufahmi menilai bahwa tidak ada keberpihakan Bupati terhadap masyarakat Kecamatan Manipa. Padahal kemenangan Payapo sebagai Bupati adalah bagian dari hasil perjuangan masyarakat di daerah itu, tetapi apa yang masyarakat rasakan saat ini, tidak seperti yang diharapkan.

“Kami tidak butuh janji palsu Bupati. Yang kami butuh adalah bukti dan kerja nyata di lapangan. Jalan lingkar harus segera realisasikan. Jangan bohongi masyarakat lagi. Kepada tiga anggota DPRD juga diingatkan agar jangan diam. Mereka ini wakil rakyat bukan mewakili partai saja,” tegasnya.

Ketiga anggota DPRD yang dihubungi media ini Selasa kemarin belum memberikan tanggapan (WHB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau