Connect with us

Berita Utama

Raja Batu Merah Siap Dilantik Wali Kota Ambon

Ketua Saniri negeri Batu Merah, Said Nurlette.

Ambon,ameksOnline.- Saniri Negeri Batumerah, kecamatan Sirimau, Kota Ambon, akhirnya resmi mengusulkan nama raja terpilih dari mata rumah parentah Nurlette keturunan Abdul Wahid Nurlette kepada Wali Kota Ambon untuk dilantik.

Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy pun siap melantik dan mengambil sumpah raja negeri sesuai usulan Saniri dalam waktu dekat.

Ketua Saniri negeri Batu Merah, Said Nurlette mengatakan, berdasarkan hasil musyawarah Saniri yang bersandar pada putusan Pengadilan Tata Usaha Negera (PTUN) Ambon dan Makassar, memutuskan dan menetapkan nama raja dari mata rumah parentah dari keturunan Abdul Wahid Nurlette.

“Kita sudah usulkan nama raja Negeri Batumerah, kepada Pemerintah Kota dalam hal ini pak Wali Kota, untuk segera dilakukan pelantikan. Pengusulan nama itu berdasarkan hasil keputusan Saniri Negeri, dan atas perintah pak Wali Kota sendiri,”ungkap dia, kepada wartawan di Batumerah, Minggu (4/4).

Menurutnya, pengusulan nama raja negeri Batumerah definitif dari mata rumah parentah itu, berdasarkan dua keputusan dan perintah dari Wali Kota Ambon, sehingga jika ada pihak yang mempersoalkan terkait proses penetapan maupun pengusulan nama raja tersebut, maka itu sebuah kekeliruan besar, sebab hal tersebut telah memiliki kekuatan hukum yang sah.


“Siapapun nama yang kita usulkan kepada Pemerintah Kota itu, telah memiliki legal standing atau memiliki kekuatan hukum tetap baik dari sisi hukum formil maupun materiil. Dimana memiliki dua kekuatan yang sudah tidak bisa diganggu lagi, yakni putusan Saniri dan putusan PTUN,”tegas dia.

Dikatakan, masyarakat Batumerah sudah sangat merindukan raja definitif, sebab sudah sekian tahun negeri adat ditengah Ibu kota Provinsi tidak memiliki pemimpin raja definitif.


“Jika ada pihak yang mempersoalan jender sebagai pemimpin di Batumerah, bagi kami itu bukan soal. Sebab siapapun yang kita usulkan kepada Pemerintah Kota untuk dilantik, kita belum bisa buka kepada publik. Biarkan saat pelantikan nanti publik akan tahu apakah yang memimpin Bbatumerah itu wanita atau laki-laki, tapi yang pasti dari keturunan Abdul Wahid Nurlette, atau mata rumah parentah yang sah di Batumerah,”paparnya.

Dirinya juga mengimbau, kepada seluruh masyarakat khususnya warga yang Batumerah untuk tidak terprovokasi dengan adanya oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, yang sengaja ingin mengacaukan situasi dan kondisi di Kota Ambon, lebih khusus Negeri bertajuk Hatukau itu.


“Kami ajak masyarakat untuk tidak mudah percaya apalagi terhasut maupun terprovokasi dengan kelompok-kelompok atau oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab, dengan maksud tertentu untuk sengaja mengkacaukan kondisi Negeri Batumerah. Mari sukseskan pelantikan raja Negeri Batumerah, dengan senangtiasa menjaga situasi dan kondisi keamanan di Kota Ambon,”pintahnya.

Ssebelumnya, Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, jika begitu Saniri Negeri mengusulkan nama raja definitif maka dirinya langsung melantik.


“Kalau Saniri mengusulkan figur raja secepatnya, maka pelantikan akan dilakukan secepatnya juga, semua tergantung usulan itu (saniri red), “kata Richard, pekan kemarin.

Menurutnya, pelantikan Raja Negeri Batumerah dilakukan dalam waktu dekat. Pasalnya, salah satu Negeri adat di Kota Ambon tersebut sudah lama tidak memiliki pimpinan definitif.
“Sudah lama sekali Batumerah tidak punya raja definitif. Kalau tidak dilakukan pelantikan secepatnya, hal itu dapat mempengaruhi hak-hak Batumerah sebagai salah satu Negeri adat,” terangnya.

Orang nomor satu di Kota Ambon ini menegaskan, selama 10 tahun Saniri Negeri Batumerah, belum juga menyelesaikan tugas mereka untuk mengangkat dan mengusulkan Raja Negeri Batumerah, dari keturunan yang sebenarnya, sehingga untuk ditahun ini, tidak ada alasan lagi bagi Saniri, untuk tidak menyelesaikan persoalan raja definitif itu.


“Tidak usah terlalu repot-repot. Begitu Saniri usulkan, langsung saya lantik. Mengapa saya ingin ini cepat, karena saya tahu Batumerah sudah lama tidak punya raja definitif. Kalau bisa, Saniri usulkan nama sebelum bulan puasa, agar bisa kita lantik secepatnya, “pungkasnya. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama