Connect with us

Berita Utama

Ratusan PKL Mardika Seruduk Balai Kota, Tolak Relokasi Mandiri

Revitalisasi Pasar Mardika
Ratusan PKL yang dibantu mahasiswa dari IMM Kota Ambon, melakukan aksi protes di Balai Kota, Senin (7/6). (Ars Hehanussa/AmeksOnline).

Ambon, ameksOnline. – Ratusan PKL Mardika seruduk Balai Kota Ambon. Mereka menolak dilakukan relokasi mandiri. Ini sebagai respon surat Pemerintah Kota (Pemkot) kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) pasar Mardika.

Surat Pemkot Ambon untuk melaksanakan relokasi mandiri, mengingat proyek revitalisasi pasar tersebut, segara dilakukan dalam waktu dekat. Sayangnya niat baik Pemkot untuk meminta para PKL melakukan relokasi mandiri tidak didukung oleh para PKL.

Mereka menolak relokasi dari pasar Mardika, ke sejumlah pasar yang ada di Kota Ambon. Aksi penolakan itu ditunjukan dengan mereka mendatangi kantor Balai Kota.

Baca: Revitalisasi Pasar Mardika Dilakukan

Ratusan PKL itu, di bantu Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kota Ambon. Sebelum tiba di Gedung Balai Kota, ratusan PKL dan mahasiswa melakukan loang march dari Pasar Mardika.


Mereka juga membawa sejumlah jenis sayuran, cabe, dan tomat sebagai bentuk protes terhadap kebijakan Pemkot, utamanya berkaitan dengan surat peringatan dari Dinas Perindag Kota Ambon.

“Kami datang kasini (Balai Kota) untuk menyampaikan keluh kesah kami. Kami tidak mau relokasi dengan alasan apapun, ” kata Ani, salah satu PKL, saat berorasi di gedung balai Kota, Senin (7/6).

Menurutnya, ia dan ratusan PKL lainnya juga mengancam akan melakukan aksi jual beli didepan gedung Balai Kota, sebagai langkah protes.

Baca: Demokrat Maluku Jadi Contoh


“Kita dukung kebijakan Pemkot, asalkan berpihak kepada kami, namun tidak berpihak kepada kami, maka kami akan lawan sampai mati. Kami juga akan berjualan disini, ” tegasnya.

Dirinya, juga berharap agar Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy meninjau kembali surat peringatan maupun kebijakan relokasi PKL dari Pasar Mardika.


“Kalau kami berjualan di Passo, apakah seluruh warga kota yang tinggal dipusat kota mau belanja disana kan tidak mungkin, tentu ini merugikan kami, makanya kami berharap agar kebijakan relokasi ini bisa ditinjau kembali, ” tandasnya.

Pemerintah kota telah memberikan surat peringatan kepada para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini beraktivitas di Pasar Mardika untuk segera merelokasikan mereka secara mandiri, sebelum diambil tindakan tegas oleh Pemkot. (AHA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama