Connect with us

Lintas Pulau

Ratusan Rumah Warga Haruru Terendam Banjir

banjir haruru
Forkopimcam Amahai, meninjau lokasi banjir di desa Haruru, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah, Selasa (24/8) siang. (Ist).

Ambon,ameksOnline.- Hujan yang mengguyur pulau seram khususnya kota Masohi, dan sekitarnya membuat ratusan rumah warga di desa Haruru, dan kilometer 7, 8, 9, dan 10, serta 12, desa Sepa, kecamatan Amahai.

Kapolsek Amahai, Iptu Irwan mengungkapkan, akibat hujan semalam ditambah buruknya drainase atau saluran pembungan membuat debit air meningkat dengan cepat hingga membuat ratusan rumah warga tergenang air.


“Yang paling parah itu di RT 15 dan RT 21 Negeri Haruru, seluruhnya terendam air dengan ketinggian 100 centimeter hingga 1.5 centimeter, akibatnya aktivitas warga di Desa Haruru terganggu,”kata Kapolsek, kepada media ini, Selasa (24/8) siang.

Menurutnya, air tidak hanya merendam rumah warga melainkan sampai ke jalan raya. “RT 15 sebanyak 4 unit rumah, RT 21 sebanyak 154 unit rumah itu warga Haruru, dan memang paling parah itu di Haruru. Sementara di Kilometer 7, 8, 9 dan 10, juga mayoritas rumah ikut terendam dan air bisa mencapai lutut orang dewasa,”jelas dia.

Mantan Kapolsek Pasanea ini mengaku, jika peristiwa itu masih terjadi hingga Selasa siang tadi. “Sampai pukul 14.00 WIT, air perlahan-lahan mulai surut. Tidak ada korban jiwa namun aktivitas warga dikawasan-kawasan tersebut sangat terganggu,” paparnya.

Perwira dengan dua balok dipundaknya itu mengimbau, warga agar lebih waspada mengingat kondisi alam saat ini sangat tidak bersahabat.


“Kita waspada karena hujan masih turun mesti kelihatannya intensitas kecil. Kita tidak mau jangan sampai ada korban jiwa. Tadi juga kita Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, mulai dari pak Camat, hingga pak Danramil, berada di lokasi untuk menolong dan mengimbau warga untuk lebih berhati-hati saat beraktivitas,”pungkasnya. (AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lintas Pulau