Connect with us

Berita Utama

Ribuan Personil TNI/Polri Amankan Larangan Mudik dan Lebaran

Bupati Malteng Tuasikal Abua, didampingi Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi, saat melaksanakan gelar Pasukan Operasi Ketupat Siwalima 2021, Rabu (5/5) pagi tadi.

Ambon, ameksOnline. – Operasi Kepolisian terpusat dalam rangka pengamanan hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, resmi dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 17 Mei mendatang, diseluruh Indonesia, termasuk Provinsi Maluku.

Kapolda Maluku, Irjen Refdi Andri mengungkapkan, pengamanan larangan mudik dan lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah ini, pihaknya menurunkan 4.000 personil TNI/Polri, dan instansi terkait lainnya.


“Untuk di Maluku kita beri sandi Operasi Ketupat Siwalima 2021. Personil yang kita turunkan atau libatkan khusus dari Polda Maluku, sebanyak 2.500 orang, sisahnya TNI 1.000 personil dan 500 itu dari Perhubungan, Satuan Pol PP dan instansi lainnya, ” jelas Kapolda kepada wartawan seusai memimpil Apel Operasi Ketupat dilapangan Merdeka Ambon, Rabu (5/5) sore.

Menurut jenderal polisi bintang 2 ini, ribuan personil itu berada diseluruh wilayah Provinsi Maluku.


“Operasi berlangsung selama 12 hari terhitung, dari tanggal 6 hingga 17 Mei mendatang,”kata dia.

Mantan Kakorlantas Polri itu mengatakan, pengamanan selama operasi tersebut dipusatkan disentra-sentra aktivitas masyarakat baik saat menjelang lebaran maupun saat lebaran nanti.


” Misalkan di pusat-pusat perbelanjaan, kemudian masjid-masjid saat malam takbiran dan lebaran nanti. Dan yang terpenting saat ini adalah pintu masuk dari dan antar pulau di Maluku, “paparnya.

Ditambahkan, khusus untuk malam takbiran nanti pihaknya sudah berkoordinasi dengan MUI agar tidak melaksanakan pawai keliling, melainkan takbiran di fokuskan didalam masjid.


” Jika ada yang pawai maka akan kita bubarkan. Apalagi sampai pawai dengan kendaraan hingga di tengah malam, pasti kita tindak. Prinsifnya kita mau agar lebaran berlangsung aman dan lancar, apalagi saat ini masih dalam suasana pandemik Covid-19,”tegasnya.(AHA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama