Connect with us

Amboina

Riz Sangadji Siap Bertarung Merebut KNPI Maluku

Musda KNPI Maluku
Rizal Sangadji (kiri).

Ambon, ameksOnline.– Rizal Sangadji menyatakan, siap maju dalam perheletan Ketua DPD KNPI Maluku. Pemilihan akan dilakukan Juli 2021 mendatang.

Rizal, adalah mantan Ketua HMI Cabang Ambon periode 2012-2013. Musyawarah Daerah XIV DPD KNPI Maluku dilakukan setelah DPP menurunkan Caretaker Ketua DPD KNPI Maluku.

Sangadji yang juga merupakan, penulis buku Titik Balik Maluku ini, akan mengusung gerakan transformasi pemuda Maluku atau KNPI Transformatif dalam visi besarnya.

Baca: Dua Puskesmas di Ambon Ditutup

Dirinya menuturkan, tantangan kedepan semakin sulit. Terutama dalam upaya menjadikan KNPI sebagai wadah dan rumah bersama pemuda Indonesia khususnya Maluku.

Karena itu, lanjut dia, gerakan transformasi pemuda menjadi relevan untuk digaungkan setidaknya didasari dua alasan.

“Pertama, tantangan bonus demografi. Dimana pada tahun 2030, Indonesia utamanya Maluku akan mengalami lonjakan angkatan kerja produktif. Dengan usia didominasi oleh pemuda antara 15-65 tahun,” kata dia.

Bonus demografi ini, kata dia, jika formulasinya tidak tepat dapat menjadi bencana. Bukan berkah atau peluang.

“Bencana jika tidak tersedianya lapangan kerja produktif. Pemuda berpotensi menjadi bagian dari sumber meningkatnya angka pengangguran dan permasalahan lain,” kata dia.

Sebaliknya, kata pengusaha muda ini, menjadi berkah karena dapat menggenjot pertumbuhan ekonomi negara atau daerah.

“Kami akan membangun sinergitas dan kolaborasi dengan pemerintah daerah dan swasta. Tujuannya untuk membuat pelatihan dan pendampingan bagi para pemuda Maluku agar mereka siap berkompetisi dalam pasar kerja” ujarnya.

Kedua, kata dia, di era disrupsi teknologi dengan hadirnya revolusi industri 4.0. Pesatnya perkembangan teknologi berbasis digital harus melahirkan generasi muda Maluku, yang unggul dalam inovasi dengan penguasaan dan pemanfaatan teknologi.

Baca: Kepsek Serobot Rumdis Guru

“Dimana-mana sekarang semua berbasis digital. Nah, generasi muda kita ini harus siap menguasai dan memanfaatkan teknologi untuk menjadi added value (nilai tambah) bagi mereka,” tandasnya.

Karena itu, gerakan transformasi pemuda Maluku melalui KNPI sebagai kawah candradimuka dan wadah berhimpun pemuda dibutuhkan untuk menjawab tantangan-tantangan diatas.

“Saya siap pimpin KNPI Maluku dengan visi besar “KNPI Transformatif”. Saya sudah siapkan rencana aksi dan strategi program. Kita harus memulai sekarang. Sudah waktunya,” kuncinya.(UPI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Amboina