Connect with us

Berita Utama

Ruas Jalan Utama Kota Ambon Dikepung Banjir

Ambon banjir
Kondisi Jalan AY Patty saat hujan terjadi di Kota Ambon, Jumat (2/4). -IST-

Ambon, ameksOnline.- Hujan berintensitas sedang hingga lebat mengguyur Kota Ambon sejak, Jumat (2/4) pagi. Sejumlah ruas jalan utama dilanda banjir. Banjir hingga mencapai betis kaki orang dewasa.

Banjir ini melanda ruas jalan AY Patty dan Sam Ratulangi. Kondisi terparah terlihat di dua jalur jalan ini. Bahkan lebih parah dari tahun-tahun sebelumnya. “Ini lebih parah sekali, padahal baru hujan sebentar,” kata Jamal yang melintasi jalur AY Patty.

Belum diketahui apa penyebab terjadinya luapan air tersebut. Namun di dua jalur jalan tersebut, sedang dilakukan perbaikan Drainase. Perbaikan dilakukan di dua sisi jalur jalan. Sampai saat ini pembongkaran masih dilakukan.

Sebagian Gorong-gorong justeru sudah selesai, dan ditutupi kembali. Namun luapan air tak terbendung. Luapan ini cukup deras, dan mengganggu pengendara kendaraan bermotor.

Drainase ini dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Maluku. Pembiayaan melalui dana pinjaman PT SMI. Hampir seluruh drainase Kota Ambon dilakukan perbaikan. Namun entah kenapa masih terjadi luapan air.

Proyek-proyek ini sesuai rencana Pemerintah Provinsi Maluku sudah harus selesai akhir Maret. Hingga kini belum juga tuntas. Masih banyak pekerjaan dilakukan, termasuk pembangunan drainase di jalan-jalan protokol Kota Ambon.

Informasi yang berhasil dihimpun ameksOnline, kendala pembangunan proyek fisik yang dibiayai dana pinjaman PT SMI ini terkendala bahan baku, juga alat berat. Termasuk kendala tenaga kerja.(UPI)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama