Connect with us

Metro Manise

Selama Corona, Angka Kejahatan Menurun

ILUSTRASI

Ambon,ameksOnline.-Tingkat kejahatan dan kecelakaan lalu lintas di Kota Ambon menurun drastis sepanjang mewabahnya Covid-19 di Provinsi Maluku khusus di Kota Ambon.

Kasat Reskrim Polresta Pulau Ambon, dan Pp Lease, AKP Gilang Prasetya mengatakan, penurunan aksi kejahatan atau kasus kriminal itu mencapi puluhan persen, bila dibandingkan dengan tahun 2019 lalu.

“Kasus kejahatan atau kriminal di kota Ambon dalam tiga bulan terakhir periode, Maret, April dan Mei, secara umum mengalami penurunan di Polresta Ambon, sebesar 50 persen, bila dibandingkan dengan bulan yang sama di tahun 2019 kemarin,”jelas Kasat, kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (4/6) pagi tadi.

Menurut Gilang sapaan Kasat, perbandingan tingkat kasus kriminal itu bukan saja terjadi pada tahun 2019 kemarin, melainkan juga dibandingkan dengan medio Januari dan Februari, sebelum adanya Covid-19 ini. “Jadi Januari, Februari angka kasus atau tindak kejahatan diatas 100 hingga 150, tapi di tiga bulan ini turun dikisaran 68 dan 70 kasus,”kata dia.

Perwira pertama dengan pangkat tiga balok itu mengaku, kasus kajahatan itu berkisar ditiga perkara yakni, pencurian, penganiayaan dan kasus lainnya.

“Intensitas untuk tiga perkara utama yakni penganiayaan, pencurian, kekerasan perempuan dan anak, sangat menurun drastis. Namun bukan saja itu tapi seluruh kasus kriminal menurun drastis. Namun untuk kasus KDRT meningkat sekitar 5 kasus,”terangnya.

Tak hanya kasus kriminal, kasus kecelakaan lalu lintas juga menurun. Sementara pelanggaran lalu lintas alami peningkatan. “Kalau kasus pelanggaran Lalu lintas agak naik, dimana pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan helm dan kelengkapan kendaraan bermotor lainnya tidak dilengkapi. Kemudian tingkat kecelakaan juga turun drastis,”kata Kasubbag Humas Polres Ambon, Ipda Gilang, di Mapolresta.

Disinggung soal angkat ataupun persentase dari kasus tersebut, juru bicara Polretas ini mengaku, belum mengetahui data secara detail, namun berdasarkan laporan kasus kecelakaan lalu lintas menurun drastis sepanjang Covid-19 ini. “Salah satu faktor dari turunnya kasus laka lantas ini, karena adanya work from home itu. Kemudian kita juga melaksanakan operasi ketupat dan operasi Aman Nusa II,”tandas alumnus Akpol ini. (ARH)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Metro Manise