Connect with us

Berita Utama

Hasil Test Diumumkan Hari Ini, SMA Siwalima Hanya Terima 140 Siswa

Insum Sangadji

AMBON,AE – SMA favorit di Kota Ambon, Siwalima hanya menerima 140 siswa tahun ajaran 2020-2021. Tahapan seleksi Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sudah dilakukan, termasuk test.

Peserta didik berasal dari 9 kabupaten dan dua kota. Pelaksanaan test dilakukan selama dua hari. Test dilakukan serempak, dengan tiga mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan Test Potensi Akademik.

Hari ini, Rabu (9/6), rencana hasil test diumumkan. Terkait hal ini, kepada pers di kantornya, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Insun Sangadji, menuturkan awalnya test masuk SMA Siwalima itu akan berlangsung pada Jumat (4/6) dan Sabtu (5/6).

Baca: SMP Pantai Pertama di Maluku

Hanya saja terkendala dengan jaringan internet terutama pada kabupaten/kota yang jauh. Hingga proses test mulai dilaksanakan pada Senin (7/6) dan Selasa (8/6). Peserta test sebanyak 420 siswa SMP/MTS yang mendaftarkan diri ke SMA Siwalima.


Dari jumlah itu, kata dia, hanya 140 siswa yang diterima yakni 70 siswa yang mampu dan bersedia membayar Rp.1.500.000 dan 70 siswa yang tidak mampu, tetapi berprestasi.

Sedangkan untuk kota Ambon sendiri ada empat titik pelaksanaan test masuk SMA Siwalima yakni SMA Negeri 11 Ambon, SMA Kristen YPKPM Ambon, SMA Negeri Siwalima Ambon dan SMK Negeri 3 Ambon.

Semuanya sudah dapat berjalan aman tanpa kendala. Kini proses penilaian itu ada pada panitia, kami yang ada di Dikbud tidak punya kewenangan apapun terhadap proses penilaian.

Ditegaskannya, sampai hari ini proses penilaian itu sementara berlangsung. Seandainya sudah selesai, maka pengumuman hasil peserta didik yang masuk SMA Siwalima langsung diumumkan.

Baca: Vaksin di Ambon Mulai Menipis

“Sekali lagi, menyangkut penilaian hasil kelulusan siswa masuk di SMA Siwalima itu kami tidak punya kewenangan sedikit pun. Siapa yang lolos, itu karena mereka memperoleh hasil yang terbaik,” kata dia.

Bagi mereka yang tak lolos, kata dia, masih ada sekolah lain bagi untuk menuntut ilmu, dan juga tidak kalah baiknya dari SMA Siwalima.

“Jadi, 420 siswa SMP/MTS yang mendaftar ke SMA Siwalima, hanya akan diterima sebanyak 140 siswa, itu berarti 280 siswa yang tidak diterima. Jangan bersedih, masih ada sekolah lain untuk kalian bisa menuntut ilmu,”harap Sangadji. (AZA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita Utama